3 Jenis Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi | Diet Sehat

3 Jenis Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi

3 makanan yang tidak disadari membuat gula darah melambung

Anda tahu gula tidak menguntungkan, tetapi apakah anda benar-benar tahu dimana ia bersembunyi?

Saat anda mencoba mengurangi gula pada saat diet, sangat mudah menentukan makanan apa yang mengandung banyak gula yang anda makan: soda, jelly, atau makanan penutup. Tapi tidak semua gula kelihatan, seperti gula pada kecap, saus tomat atau pada roti yang anda makan. Ada tiga makanan yang memiliki dampak besar pada asupan karbohidrat dan bagaimana cara menggantinya dengan pilihan makanan yang lebih sehat.

Sup Jagung.

Anda mengatakan bahwa jagung adalah sayuran, tetapi sebenarnya ini tidak tepat karena jagung adalah biji-bijian. Jagung diubah menjadi gula saat dikunyah di dalam mulut dan menjadikan gula dalam darah meningkat, ya, jagung setara dengan gula. Dibandingkan dengan jagung, disarankan untuk menyajikan kacang merah yang mengandung serat tinggi sebagai penggantinya. Penggantian ini tidak menyebabkan peningkatan gula darah.

Bran Cereal

Ahli gizi selalu mengandalkan kekuatan serat. Sayangnya, serat juga terdapat dalam beberapa sumber yang kurang sehat. Sementara bran sereal memiliki reputasi yang kurang baik untuk menjadi makanan kesehatan karena dilengkapi dengan teman buruk: gluten. Saat ini gandum mengandung gluten dan pati berlebih, termasuk senyawa yang disebut amilopektin A. Dokter menamakan amilopektin A sebagai pati super, yang meningkatkan gula darah yang setara dengan menelan dua sendok makan gula dan kelebihan asupan gula yang dianjurkan. Untuk mendapatkan serat tanpa mempengaruhi gula darah Anda, anda mengganntinya dengan cereal quinoa sebagai pengganti Bran Cereal.

Kentang goreng

Ada beberapa banyak alasan melewatkan gorengan, tetapi anda mungkin terkejut ketika menemukan gula pada komposisinya. Kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi dibandingkan sayuran, jadi karbohidratnya berubah menjadi gula dan menjadikan peredaran darah menjadi lebih cepat. Disarankan mengantikan kentang dengan sayuran berdampak gula rendah. Direkomendasikan kacang panjang yang dipotong panjang dan dipanggang dalam kentang goreng.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *