4 Hal Yang Harus Anda Siapkan Untuk Menghadapi Puasa | Diet Sehat

4 Hal Yang Harus Anda Siapkan Untuk Menghadapi Puasa

Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Puasa bertujuan untuk menahan diri untuk mencapai sebuah tujuan seperti untuk meningkatkan kuaitas hidup ataupun berlatih mengontrol emosi dari yang berpuasa. Puasa biasa dilakukan untuk tujuan ibadah seperti puasa ramadhan atau puasa apabila akan melakukan sebuah proses besar seperti operasi.
Ada banyak manfaat yang dapat didapatkan saat berpuasa, pertama, karena tubuh tidak mampu mendapatkan energi dari makanan selama berpuasa, maka digunakanlah glukosa yang disimpan dalam hati dan otot. Ini dimulai sekita 8 jam setelah makan terakhir dikonsumsi. Ketika glukosa yang disimpan telah habis, tubuh kemudian mulai membakar lemak sebagai sumber energi, yang dapat mengakibatkan penurunan lemak tubuh dan tentunya penurunan berat badan. Dr. Razeen Mahroof dari Oxford Inggris mengatakan bahwa penggunaan lemak dapat membantu mempertahankan otot dan mengurangi kadar kolesterol.

Selain, proses penggunaan glukosa dan pembakaran lemak menjadi energi terjadi saat puasa, Sebuah proses detoksifikasi juga terjadi, karena setiap racun yang tersimpan dalam lemak tubuh dilarutkan dan dikeluarkan dari tubuh, bahkan setelah beberapa hari puasa tingkat hormon endorphin atau hormon kebahagiaan meningkat yang mana hal ini berdampak positf terhadap kesejahteraan mental.

Puasa yang dilakukan dalam waktu lama juga efektif untuk regenerasi sel-sel kekebalan. Ketika kita lapar, sistem mencoba untuk menghemat energi, dan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghemat energi adalah dengan mendaur ulang banyak sel-sel kekebalan tubuh yang tidak diperlukan, terutama yang mungkin rusak.

Puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun untuk beberapa orang, puasa harus lebih dipersiapkan secara fisik untuk dapat menghasilkan manfaat yang optimal. Persiapan fisik seperti membuat perubahan dalam rutinitas makan membuat kita lebih mudah berkonsentrasi untuk beribadah. Jangan terburu-buru melakukan puasa. Mempersiapkan tubuh dengan makan makanan kecil sebelum memulai berpuasa. Hindari lemak tinggi dan makanan manis. Makan buah dan sayuran mentah selama dua hari sebelum memulai berpuasa.

Berikut ini adalah makanan yang dapat membantu anda mengoptimalkan puasa ramadhan anda:

1. Sayuran

Diet yang mengandung pasokan yang kaya sayuran menjanjikan manfaat kesehatan yang cukup besar, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung. Ketika berpuasa, mengonsumsi makanan berdaun hijau seperti selada, bayam, lobak dan sawi ditambahkan karena sayuran ini mengandung mineral yang kaya seperti besi. Juga pastikan menggabungkan berbagai sayuran, seperti brokoli, kembang kol, kubis de dalam menu anda. Sayuran yang berwarna cerah, seperti tomat kaya akan karotenoid yang dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker. Makan banyak berbagai jenis sayuran mungkin untuk menerima semua vitamin yang berbeda, mineral dan nutrisi yang anda butuhkan.

2. Buah-buahan

Sebagian besar buah mengandung banyak vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh anda. Buah-buahan yang kaya akan nutrisi yang memiliki kandungan fruktosa relatif rendah diantaranya stroberi, apel hijau, jeruk, papaya, jambu biji, melon, dan cranberry. Buah-buahan ini juga cenderung sangat tinggi antioksidan, yang membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan melindungi tubuh terhadap karsinogen yang berpotensi berbahaya.

3. Makanan yang harus dibatasi

Buah-buahan dan sayuran umumnya sehat untuk anda, namun beberapa mengandung jumlah gula, lemak, dan kalori yang cukup tinggi dan karena itu harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Buah tinggi gula diantaranya pisang, anggur, buah-buahan kering dan buah kalengan serta buah yang telah diproses. Kelapa adalah buah yang tinggi lemak dan gula. Alpukat memiliki sejumlah nutrisi dan pelindung di dalamnya, tetapi tinggi lemak dan kalori, dan demikian makanan ini harus dibatasi jumlahnya saat dikonsumsi.

4. Air

Ketika berpuasa, kita rentan mengalami dehidrasi, Minum setidaknya 64 ons air setiap hari. Air diperlukan untuk kinerja seluruh proses biologis tubuh, termasuk transportasi nutrisi ke sel-sel anda; oleh karena itu, tinggal terhidrasi (cukup air) dengan baik adalah bagian penting dari menjaga kesehatan anda secara keseluruhan. Selain itu, konsumsi banyak air akan membantu mendukung buah dan sayuran agar cepat berfungsi mengeluarkan racun yang berbahaya bagi tubuh anda.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *