5 Makanan Penurun Gula Darah | Diet Sehat

5 Makanan Penurun Gula Darah

Mengonsumsi makanan utuh, diet plant based adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengelola gula darah Anda dan meningkatkan kesehatan Anda menjadi lebih baik. gula darah Anda mengontrol beberapa tanggapan hormonal yang berbeda di dalam tubuh, yang semuanya berkontribusi terhadap energi Anda, suasana hati Anda, dan bahkan tingkat rasa lapar Anda. gula darah yang sehat juga penting untuk mencegah atau menangani diabetes tipe 2, hipertensi, dan hipoglikemia. Makan makanan yang mendukung gula darah Anda juga dapat membantu mencegah obesitas.

Makanan nabati yang kaya dengan serat, merupakan alasan utama yang dapat membantu kadar gula darah. Serat memperlambat pelepasan gula dalam aliran darah, yang membantu menurunkan kadar insulin tetap stabil. Hal ini untuk mencegah orang-orang mengalami gula darah yang “pasang surut” yang disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi gula halus, makanan hewani, dan makanan olahan.

Untuk menjaga kadar gula darah, yang harus Anda lakukan adalah memprioritaskan sumber serat yang lebih tinggi dari makanan utuh dibandingkan makanan rendah serat, seperti makanan dengan gula halus, produk hewani (yang secara dramatis meningkatkan insulin), dan sebagian besar makanan olahan.

Sederhananya, fokus pada makan makanan yang mendukung gula darah Anda bukan berfokus pada mereka yang tidak. Seperti yang Anda lihat, ada beberapa makanan nabati yang cukup lezat dan dapat menurunkan gula darah anda dengan cepat. Makanan ini akan membuat Anda berenergi, puas, memberikan tubu anda vitamin, mineral, serat, lemak sehat, dan bahkan beberapa protein juga!

  1. Magnesium-Rich Leafy Greens

Semua sayuran berdaun seperti: kangkung, bayam, romaine, arugula, sawi, lobak hijau, semua selada, lobak Swiss, dandelion hijau, dan setiap hijau lainnya yang dapat Anda pikirkan, benar-benar indah untuk gula darah Anda. Namun, beberapa terutama kaya akan magnesium, yang bertindak seperti “gizi super” setelah memasuki tubuh Anda. Sayuran hijau Kaya magnesium meliputi: kangkung, bayam, sawi, romaine, dan Swiss chard, yang memberikan nilai gizi untuk gula darah Anda daripada jenis lain. sayuran hijau ini berkhasiat untuk membuat anda lebih kenyang, smoothie yang sehat juga untuk mendukung gula darah Anda.

  1. Biji-bijian

Biji seperti chia, rami, bunga matahari, labu, rami, dan biji wijen adalah powerhouses gizi! Ini adalah sumber vitamin, mineral seperti magnesium, protein, dan bahkan besi. Misalnya ini: biji chia memiliki 24 persen dari kebutuhan magnesium harian Anda, sedangkan makanan hewani memiliki sedikit bahkan tidak ada. Chia, rami, terutama tinggi serat, tedapat dalam 10-15 gram dalam dua sendok makan. Semua biji juga merupakan sumber yang kaya protein, sehingga Anda dapat melihat, profil nutrisi lengkap mereka mendukung gula darah Anda pada setiap tingkat satu. Gunakan ini dengan menambahkan beberapa sendok makan biji ini untuk makanan Anda sepanjang hari Anda. Cobalah mereka dalam beberapa oatmeal lezat, smoothie, dicampur ke dalam camilan, atau bahkan ditaburkan di sup atau salad.

  1. Cacao

Biji kakao diduga menjadi sumber yang paling melimpah dari magnesium di dunia. Ini juga merupakan sumber fantastis serat, zat besi, dan bahkan protein yang bermanfaat pada gula darah Anda. Meskipun mungkin itu bukan ide yang terbaik untuk makan kakao sepanjang hari, satu atau dua ons dapat menurunkan gula darah Anda cukup cepat. Kakao juga kaya kromium, mineral yang juga membantu menurunkan gula darah lebih jauh. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan fokus Anda, suasana hati Anda, dan bahkan membantu Anda menurunkan berat badan! Makan bubuk kakao atau biji di smoothie atau hanya memakannya begitu saja.

  1. Almond

Almond juga sumber utama magnesium, serat, dan protein, tepat di samping benih seperti rami, chia, dan rami. Almond mengandung sejumlah besar terutama lebih tinggi dari magnesium dari kacang lainnya, seperti kacang mete menjadi dekat kedua. Semua kacang, almond termasuk, juga kaya akan kromium untuk membantu kadar gula darah lebih jauh. Konsumsi segenggam almond mentah untuk kudapan. Hanya sedikit namun akan menurunkan kadar gula darah Anda dan memenuhi tubuh Anda dengan nutrisi. Jika Anda ingin mendapatkan sedikit mewah, ini Bar Almond daya dengan Chocolate Topping membuat camilan atau pra-latihan besar makanan on-the-go. Ini almond mentega buatan sendiri tidak terlalu buruk baik – pada kenyataannya, itu adalah menakjubkan dipasangkan dengan beberapa kerupuk vegan mentah atau bahkan apel sederhana atau pisang.

  1. Whole Grains

Oats, beras, gandum, bayam, teff, quinoa, beras merah dan millet juga merupakan sumber besar magnesium. Mereka semua bisa dibuat menjadi bubur untuk sarapan atau digunakan dalam berbagai resep yang Anda pilih.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *