7 Langkah Menghilangkan Gula | Diet Sehat

7 Langkah Menghilangkan Gula

Kita semua tahu, banyak atau sedikit, bahwa gula buruk bagi kita dan produsen memasukkan gula pada produknya sebagai akibat dari konsumen yaitu kita yang secara tidak sadar meningkatkan kebutuhan akan gula lebih banyak untuk membuat kita bahagia. Dan ini bukan hal baru bagi kita.

Tetapi seberapa burukkah gula bagi kita?

Jadi, penelitian menunjukkan bahwa gula halus berhubungan dengan peningkatan berat badan, diabetes, arthritis, kanker, penyakit jantung koroner, osteoporosis, Alzheimer, depresi, dan masih banyak lagi. Dan ini bukan kabar yang bagus.

Saya akan meluruskan satu hal. Ini sebenarnya bukan gula itu sendiri dan ini adalah masalah utamanya.

Seperti halnya kalori dan karbohidrat, gula biasanya dilihat sebagai hal yang tidak semestinya. Gula sesungguhnya terdapat pada makanan alami, seperti buah, sayuran, dan susu. Sebagian besar gula yang berasal dari makanan alami ini memiliki tujuan dan fungsi yang sangat baik bagi tubuh kita. Yep, gula memang terdapat secara alami di alam, makanan lengkap dan menyediakan energi bagi tubuh. Dan energi ini adalah hal yang baik.

Inilah 7 langkah menghilangkan gula (buatan) dalam kehidupan kita

1. Membaca label

Ini adalah hal yang sangat penting yang wajib anda lakukan sebelum memasukkan makanan dalam tubuh anda. Anda harus mengetahui seberapa banyak jumlah kalori yang anda makan, tak lupa perhatikan pula berapa banyak gula yang dikandung oleh makanan tersebut. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi seperti soda dan makanan instan sebab kandungan gula dari makanan tersebut kadang sangat tinggi. Hal ini disebabkan gula dijadikan bahan pengawet bagi makanan tersebut.

2. Pilihlah gula alami yang lebih sehat

Seperti yang saya katakan sebelumnya, gula terdapat pada semua sumber pangan seperti kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Gula menyediakan energi bagi kita dan ini bukan hal buruk jika dikonsumsi secara tepat dan seimbang. Ada beberapa alternatif gula tambahan yang bisa kita gunakan dalam kehidupan kita, diantaranya

  • Gula kelapa, gula ini sebenarnya adalah getah dari kelapa yang dipanaskan dan dievaporasi kemudian disusutkan menjadi gula. Gula ini memberikan energi dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak membuat gula darah meningkat.
  • Madu liar – sederhananya madu ini tidak disaring atau dipasteurisasi sehingga mengandung sarang lebah, royal jelly, bee pollen, dan propolis.┬áMadu liar digunakan pada banyak budaya sebagai herbal, termasuk obat luka, masalah pencernaan, dan sebagai antibiotik. Madu liar mengandung antioxidants, vitamins, minerals, asam amino, and enzim.

3. Waspadalah terhadap pemanis buatan

Banyak orang beralih pada pemanis buatan ketika menghindari peningkatan gula pada diet mereka. Sementara mereka mengira zero kalori itu aman atau bebas dari rasa bersalah, tapi ini tidak membantu sama sekali.

Pemanis buatan tidak mengandung kalori dan juga tidak mengandung nilai gizi apapun sehingga tubuh menginginkan lagi dan lagi. Jangan berpikir rasa manis bisa menyediakan energi, sebaliknya hal ini membuat anda “ngidam” makan manis lagi dan lagi.

Anda masih mengkonsumsi makanan manis dan yang anda butuhkan adalah meninggalkannya. Pemanis buatan dapat meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsi gula dan karbohidrat dan dapat menurunkan simpanan kromiun yang mana ini adalah nutrisi penting pada metabolisme gula dalam darah. Ini mengapa diet soda sangat berhubungan pada peningkatan berat badan dan obesitas.

4. Mengidentifikasi penyebab utama

Anda mungkin memiliki kebiasaan makan di kantor atau di rumah sehari-hari yang memungkinkan menjadi penyebab utama sumber gula anda. Misalkan anda penggemae berat kopi dengan gula, sering memakan permen pada jam tertentu setiap hari, ataukah ngemil makanan yang tinggi kandungan gula. Mungkin saja semua itu adalah penyebab anda sulit untuk menghindari gula.

Disarankan untuk mengganti makanan tersebut dengan buah sehingga gula yang anda konsumsi lebih bermanfaat bagi tubuh anda.

5. Mulailah menghilangkan gula dari rumah anda

Jika anda penggemar jus buah kemasan, maka mulai sekarang gantilah jus buah kemasan tersebut dengan jus buah yang anda buat sendiri. Selain anda mengetahui apa yang anda masukkan ke dalamnya, anda juga turut menghilangkan salah satu sumber gula yang berpotensi penyakit bagi anda.

6. buat perubahan kecil

Anda mungkin tidak mampu untuk langsung menghilangkan semua gula dalam sehari di kehidupan anda. Maka dari itu lakukanlah langkah-langkah kecil tapi disiplin untuk mengubah kebiasaan makan anda. Hal ini mungkin terasa lama, namun sangat efektif dalam jangka panjang.

7. Mulai saja sekarang
Jangan menunda dan memberi alasan agar menghilangkan gula dilakukan besok. Mulai saja sekarang juga dan tanpa membuat alasan. Menunda dalam memulai biasanya mengakibatkan anda akan malas memulainya di masa depan.

Selamat mencoba.

 

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *