9 Antioksidan Esensial yang Bermanfaat bagi Tubuh | Diet Sehat

9 Antioksidan Esensial yang Bermanfaat bagi Tubuh

Selama bertahun-tahun kita telah sering mendengarkan tentang antioksidan dan manfaatnya yang sangat besar terhadap kesehatan. Tetapi apakah sebenarnya antioksidan itu dan bagaimana mereka berfungsi di dalam tubuh?

Antioksidan bekerja menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah produksi hasil metabolisme tubuh yang terpapar radiasi dan racun dari lingkungan sekitar. Tingginya reaksi dari radikal bebas dapat menyebabkan bahaya hingga ke tingkat seluler, dan dapat meningkatkan risiko dari banyak penyakit berbahaya khususnya penuaan dini.

Contoh Terjadinya Oksidasi pada Apel yang Tidak Dilindungi Antioksidan

Untungnya, antioksidan dapat menetralisir radikal bebas secara destruktif, melindungi kita dari bahaya yang dapat diakibatkannya. Pada suatu kondisi patoligis seperti diabetes, dan pasien yang kritis, stress oksidatif dapat menurunkan antioksidan ke level yang sangat rendah, sebagai pencegahan dari hal ini disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan secara adequate atau sesuai dengan standar kebutuhan.

Tetapi, bagaimana kita yakin bahwa antioksidan pada makanan kita sehari-hari cukup? Berikut adalah beberapa antioksidan dan sumbernya.

  1. Lycopene

Lycopene banyak ditemukan pada buah seperti semangka, anggur merah, dan tomat. Lycopene adalah antioksidan lain pada kelompok carotenoid. Ini diketahui bisa melindungi diri dari serangan kanker prostat, dan bekerja melindungi kesehatan fungsi jantung. Seperti banyak antioksidan, ini juga sangat baik untuk kulit anda.

  1. Beta Carotene

Beta carotene ditemukan pada wortel (tentu saja), ubi, labu, squash, mangga, buah pomed, dan parsley. Antioksidan ini termasuk dalam kelompok carotenoids – yang mana hal ini jika di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A.

Beta karoten diketahui membantu tubuh dalam melawan kanker dan penyakit jantung, dan menguatkan sistem imun. Dan mungkin anda telah mendengar bahwa beta karoten juga berfungsi dalam meningkatkan kesehatan mata.

  1. Vitamin C

Anda pasti telah mengetahui sumber vitamin C, jeruk, strawberry, anggur, cabe, dan sebagainya. Antioksidan ini diketahui sangat baik untuk sistem imun, tetapi juga bermanfaat sebagai anti kanker.

  1. Lutein

Anda dapat menemukan antioksidan ini pada Sayuran hijau yang biasa disebut klorofil, di mana terdapat banyak manfaat kesehatan. Dalam jangka panjang, lutein sangat baik untuk dikonsumsi.

  1. Bioflavonoids

Apel, bawang, green tea, dan jeruk diketahui adalah sumber antioksidan ini dan jika anda berpikir bahwa beberapa buah ini juga kaya akan vitamin C, maka anda sangat betul. Bioflavonoids sering ditemukan pada buah yang kaya akan vitamin C dan sama-sama memiliki banyak manfaat.

  1. Vitamin E

Vitamin E ditemukan pada banyak makanan, ini diantaranya: gandum utuh, telur, avocado, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan minyak nabati seperti minyak zaitun.

Vitamin E membantun mengatur level kolesterol dan menurunkan risiko terjadinya stroke

  1. Selenium

Selenium memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi sangat sulit ditemukan pada makanan pada umumnya. Antioksidan ini banyak ditemukan pada kacang brazil tetapi pada banyak makanan kandungan antioksidan ini sangat kecil. Dikenal sebagai anti inflamasi (peradangan), selenium membantu melawan keracunan merkuri – tetapi jika mengonsumsi kacang brazil terlalu banyak, dapat menyebabkan keracunan.

  1. Coenzyme Q10

Dapat ditemukan pada suplemen diet, coenzyme Q10 juga dihasilkan secara alami di dalam tubuh. Tapi sayangnya, produksi ini menurun seiring bertambahnya usia, maka dari itu sangat penting mendapatkannya dari diet sehari-hari.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa efek dari coenzyme Q10 belum diketahui secara spesifik tetapi dari data yang ada disebutkan bahwa coenzyme Q10 memainkan peran penting pada kesehatan jantung.

  1. Asam Lipoic Alpha

Antioksidan ini terdapat pada ragi, brokoli, bayam, dan kentang. Ini tidak diketahui secara pasti namun tidak mengurangi bahwa antioksidan ini tidak penting. Antioksidan ini membantu dalam mengelola berat badan dan ini sangat membantu orang-orang yang menderita diabetes.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *