Air Dan Diet | Diet Sehat

Air Dan Diet

Ada beberapa cara untuk diet, tetapi salah satu cara diet yang sedikit kurang lazim adalah diet dengan air putih. Ya… pasalnya sebagian masyarakat hanya tahu air putih untuk dikonsumsi, bukan untuk diet, tetapi tahukah Anda air putih ternyata juga bisa lho untuk diet, yuk… kita simak sama-sama:

Atur takaran setiap kali minum air putih minimal 8 gelas per hari, buat jadwal setiap 2 atau 3 jam sekali untuk meminumnya.

Lebih baiknya masak air dengan matang dan minum saat suhu normal, artinya tidak terlalu panas dan tidak juga terlalu dingin, karena hal ini akan membantu tubuh untuk menyerap lebih sempurna.

Tanpa asupan air yang cukup, ginjal tidak akan berfungsi secara optimal, akibatnya hati akan bekerja ekstra keras untuk membantu ginjal. Minum air setiap hari dengan jumlah yang cukup akan membantu membakar lemak dan mengubahnya menjadi bahan bakar dengan optimal karena 80% tubuh kita mengandung air.

Ketika dalam tubuh kita mengandung cukup air ia akan menyimpan ke sel, sedangkan sisanya akan terbuang melalui urine. Minum air dalam jumlah  cukup juga bisa mengurangi rasa lapar sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

Selain air putih dapat menurunkan berat badan, air putih juga bisa mencegah penyakit jantug. Menurut sebuah studi di Amerika, orang yang terbiasa minum air putih lebih dari 5 gelas setiap hari mengalami penurunan risiko sebesar 41% penyakit jantung dan kematian mendadak.

Air putih dapat mencegah migrain, menurut para ahli penelitian dari Belanda, minum air putih 7 gelas dapat meredakan sakit kepala selama 21 jam dengan syarat minum air 1,5 liter.

Meningkatkan ketajaman otak, otak membutuhkan oksigen untuk bisa bekerja, maka air sebagai pembawa oksigen tersebut menuju otak, dan Anda pun bisa memastikan bahwa otak telah terpenuhi kebutuhan oksigennya.

Mencegah penuaan dini, sifat air yang dingin dan lembap mampu membantu kulit agar tetap lembap dan jauh jadi kering.

Air putih juga dapat menjauhkan dari sembelit akibat susah buang air besar, hal ini terjadi karena kita kurang mengonsumsi air sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh kurang terpenuhi.

Air putih juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh agar terhindar dari batu ginjal, dengan air putih yang akan dibawa ke hati dan ginjal melalui urine.

Air putih juga dapat menjaga suhu tubuh agar tetap normal, saat demam alangkah lebih baiknya jika diperbanyak minum air putih, selain itu membantu sakit punggung serta membantu regenerasi kulit.

Dalam menurunkan berat badan air putih sangat berguna saat kita beraktivitas yang menguras tenaga. Hal ini karena saat beraktivitas suhu tubuh akan naik dan mengeluarkan keringat sehingga akan terjadi dehidrasi.

Dengan meminum air putih yang cukup kita bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang dan dapat menurunkan suhu tubuh. Untuk mendapat berat badan ideal, minum air putih sesudah makan ternyata mampu mengurangi berat badan hingga 3-7 kg.

Diet Sehat

Ada banyak cara untuk menurunkan serta mendapatkan berat badan yang ideal, banyak dari kalangan wanita melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh ramping nan indah, tetapi tahukah Anda ada beberapa cara yang harus diperhatikan saat menjalankan program diet agar berhasil, Yuk kita simak:

  • Kenali tubuh Anda sendiri, saat Anda memilih melakukan diet, lakukan pendekatan dengan tubuh Anda, misalkan tubuh Anda itu rentan atau alergi terhadap jenis makanan tertentu atau tidak, atau memang tubuh Anda itu sangat kebal dengan berbagai jenis makanan.
  • Berhenti untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang sekiranya memiliki tubuh lebih indah, ingatlah bahwa Anda pun bisa memilikinya.
  • Makanlah secara teratur dan sesuai porsi karena dengan makan secara teratur dan sesuai porsinya akan lebih mudah dalam pemenuhan kebutuhan tubuh.
  • Lebih banyaklah mengonsumsi buah dan sayuran, hal ini sering sekali menjadi rekomendasi para pakar diet, melihat banyak sekali manfaat pada sayur dan buah yang sudah dikupas pada halaman sebelumnya.
  • Melupakan sarapan pagi adalah fatal untuk menurunkan berat badan karena sarapan pagi akan membantu mengurangi asupan kalori disepanjang hari.
  • Jangan lupa perbanyak  minum air putih ya.
  • Sertakan olahraga, olahraga mampu membakar kalori serta memperkuat otot tubuh Anda. Jadi, tubuh indah pun akan Anda miliki secara sempurna.
  • Berenang, mampu membakar lemak dan menambah tinggi badan, saat Anda melakukan tarikan tangan ke depan untuk berenang maka otot akan ikut tertarik ke atas sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi.
  • Cobalah mengurangi asupan gula selama beberapa waktu, atur jadwal sendiri dalam mengonsumsi gula.
  • Jangan lalu mogok makan, artinya saat Anda diet kemudian Anda memilih untuk tidak mengonsumsi jenis makan apa pun, hal ini tentu saja sangat salah. Tetaplah makan, tetapi tidak berlebihan.
  • Menjaga kesehatan gigi juga harus diperhatikan, karena sisa makanan yang menyelip disela gigi  akan membusuk dan menjadi kuman kemudian malah menggerogoti nutrisi yang seharusnya digunakan untuk penyukses diet Anda.
  • Mengendalikan emosi di sini bisa dikatakan moody, yakni saat sedih makan terlalu banyak, saat senang lupa makan, Hal ini sangat berlebihan dan malah menganggu kesehatan fisik Anda.

Keteraturan dalam diet juga sangat perlu diperhatikan, mulai dari memilih bahan makanan, cara mencuci, megolah, hingga memasaknya dengan suhu tertentu. Memang terdengar ribet, tetapi untuk menjadi sehat dan memiliki tubuh ideal butuh pengorbanan dan kesabaran. Menghindari hal-hal yang biasa dilakukan dan melakukan hal-hal yang jarang dilakukan semua itu demi terwujudnya kesuksesan diet Anda.

Pola hidup bersih dan sehat harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari mencuci tangan hingga menjaga lingkungan sekitar. Tangan adalah perantara masuknya segala macam kuman saat Anda hendak melakukan aktivitas makan, maka berhati-hatilah.

Jangan menyepelekan dengan kebiasaan mencuci tangan, akan sangat berakibat fatal pada kesehatan saat Anda tidak menghiraukannya. Bisa saja program diet Anda gagal gara-gara malas cuci tangan.

Hindari rokok, sudah mendapat peringatan jelas tentang bahaya merokok, tetapi kebanyakan tetap tidak menghiraukannya, mengapa? Hal ini terjadi karena tingkat kesadaran yang masih sangat minim akan kesehatan personal. Selain itu juga minimnya informasi mengenai kesehatan membuat kebanyakan dari kita kurang begitu perhatian akan hal ini.

Rokok juga banyak mengandung bahan kimia aktif yang dapat merusak organ dalam manusia, satu isapan rokok berarti Anda sudah menelan sekitar 21 jenis racun untuk Anda masukkan ke tubuh, bayangkan saja jika itu terus menerus Anda lakukan, maka ribuan racun akan masuk dalam tubuh dan siap menghancurkan tubuh sedikit demi sedikit.

Maka dari itu, mulai sekarang berhentilah untuk merokok, demi Anda dan lingkungan sekitar. Menjaga diri agar sehat dan juga lingkungan yang sehat.

Author: admin one

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *