Akar Dari Lemak; Sebagian Berasal Dari Dalam Keluarga | Diet Sehat

Akar Dari Lemak; Sebagian Berasal Dari Dalam Keluarga

Pertimbangkan elemen-elemen dari lingkungan keluarga yang berhubungan dengan peningkatan risiko berkembangnya obesitas:
Berat badan ibu: pada usia 6 tahun, anak-anak yang lahir dari ibu yang kelebihan berat badan 15 kali lebih mungkin gemuk daripada anak-anak yang lahir dari ibu dengan berat badan normal.
Menyusui: sejumlah penelitian menghubungkan menyusui untuk menurunkan kemungkinan obesitas. Beberapa ahli memperkirakan bahwa bayi yang menyusu dengan botol memiliki 15 sampai 20 persen kesempatan lebih besar menjadi obesitas dibandingkan bayi yang diberi ASI.
• Televisi: setiap jam dihabiskan remaja untuk menonton televisi meningkatkan risiko obesitas hingga 2 persen. Mengurangi menonton televisi sampai 1 jam seminggu bisa mengurangi jumlah remaja obesitas hingga sepertiga.
• Makan keluarga: sebuah survey terhadap 8.000 anak-anak menemukan bahwa mereka yang tidak sering makan dengan keluarga mereka, tapi banyak menonton TV, lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan kelas tiga.
• Tidak bermain di luar: jika anak-anak tinggal di lingkungan tidak aman yang tidak memungkinkan mereka untuk bermain di luar, mereka akan kegemukan di usia TK.
• Pengendalian orang tua: jika orangtua sangat mengendalikan apa yang anak makan, anak-anak mereka tidak pernah mengembangkan kemampuan untuk mengatur sendiri asupan mereka dan kemungkinan akan menjadi kelebihan berat badan.
• Diet terlalu dini: anak laki-laki dan perempuan yang didorong untuk berdiet, tiga kali lebih mungkin untuk kelebihan berat badan lima tahun kemudian, karena meningkatnya makan berlebihan, melewatkan waktu sarapan, atau upaya tidak sehat lainnya untuk menurunkan berat badan.
• Kemiskinan: pendapatan rendah dikombinasikan dengan faktor-faktor di atas meningkatkan risiko obesitas secara dramatis.

baca juga

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *