Antioksidan bagi si Radikal Bebas | Diet Sehat

Antioksidan bagi si Radikal Bebas

Hampir setiap hari kita mendengar antioksidan dan radikal bebas, entah dari surat kabar, iklan televisi, atau dari sosial media. Tapi apakah kita mengetahui apa itu antioksidan dan radikal bebas? Mungkin yang kita ketahui hanya sebatas bahwa antioksidan baik bagi kesehatan dan radikal bebas tidak baik bagi kesehatan.

Nah, Apa itu radikal bebas? Radikal bebas itu adalah atom-atom yang berubah menjadi tidak normal karena elektronnya kehilangan pasangan. Atom normal seharusnya memiliki elektron-elektron yang berpasangan. Ketidaknormalan ini bisa disebabkan karena radiasi, polusi kimia, makanan tidak sehat, kuman dan bakteri, salah pengobatan, stres, atau reaksi oksigen pada lemak tak jenuh ganda dalam sel-sel tubuh. Atom yang tidak sempurna ini bersifat tidak stabil dan sangat reaktif. Ia akan merusak molekul-molekul pada sel-sel, gen-gen, dan jaringan-jaringan elastin tubuh dengan cara “mencuri” pasangan elektron lain dan sekaligus merusak elektron yang diganggunya. Kerusakan-kerusakan ini antara lain menyebabkan penuaan dini, otot kaku, pengerasan pembuluh arteri, dan bahkan kanker.¬†

Lalu Apa itu Antioksidan? antioksidan adalah molekul atom yang berfungsi dalam menghambat atau memperlambat oksidasi molekul atom lain yang menyebabkan radikal bebas. Antioksidan alami banyak ditemukan pada buah-buahan, sayur, dan tumbuhan kayu. Buah-buahan yang berwarna cerah alami serta sayuran berwarna hijau adalah sumber makanan yang mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Peranan antioksidan selain untuk mencegah penuaan dini, juga dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, dan juga kanker yang telah banyak menyerang masyarakat modern saat ini.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *