Bahaya Tumpukan Lemak Visceral Di Perut | Diet Sehat

Bahaya Tumpukan Lemak Visceral Di Perut

Lemak Visceral bukanlah teman yang baik untuk anda. Tumpukan Lemak Visceral di perut sangat berbahaya, untuk itu anda perlu tahu apa itu Lemak Visceral dan bagaimana caranya agar anda tidak berhubungan lagi dengan lemak yang satu ini.

 

Kondisi Perut yang buncit sangat mengganggu penampilan seseorang, membuat rasa percaya diri berkurang, tapi bukan hal ini yang harus jadi fokus utama tapi Kesehatan Anda yang lebih penting. Lemak Visceral adalah lemak yang tertimbun dibawah otot dan mengelilingi organ vital, termasuk organ yang ada di dalam perut. Lemak inilah yang berperan besar membuat perut menjadi buncit dan yang lebih bahayanya lagi lemak visceral akan dimetabolisme di hati yang kemudian akan diubah menjadi kolesterol darah, sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga : Kolesterol Tinggi Terjadi Akibat Banyak Lemak di Dalam Darah

Seperti yang terlihat di gambar diatas, lemak di perut ada 2 jenis, lemak subkutan yaitu lemak yang berada dibawah kulit dan lemak visceral disebut juga lemak intra abdomen ditandai digambar diatas dengan warna kuning, tertimbun dibawah otot mengelilingi organ vital.

Apa Yang Menyebabkan Lemak Tertimbun Di Perut?

Sebuah Penelitian mengenai hal ini menunjukkan bahwa kegiatan sehari hari yang tidak benar akan berpengaruh besar pada kadar lemak Anda. Salah satu Contoh dapat dilihat saat makan makanan yang tidak sehat seperti gorengan, makanan cepat saji dan juga kurang melakukan aktifitas olahraga. Makan makanan yang mengandung lemak jenuh dalam kadar yang berlebihan serta kurangnya gerakan fisik yang mengeluarkan keringat sudah dipastikan tibunan lemak pada perut Anda akan bertambah setiap harinya dan pada akhirnya akan menjadi perut buncit.

Faktor timbunan lemak lainnya adalah :

  1. Kurang atau bahkan tidak pernah berolahraga
  2. Diet yang tidak tepat
  3. Faktor pikiran, depresi atau Stress
  4. Merokok
  5. Minum minuman alkohol berlebihan

Cara Mengukur level visceral fat

Anda tidak mungkin bisa melihat lemak visceral yang ada di dalam perut dengan mata telanjang. Namun demikian, sebagai dasar pengukuran, untuk wanita (ras Asia) jika memiliki lingkar pinggang > 80 cm dan untuk pria (Ras Asia) memiliki > 90 cm, maka sudah dikatakan mengalami obesitas sentral, jika keadaan ini terjadi pada anda dapat dimaknai bahwa terdapat timbunan dalam jumlah tinggi lemak visceral di dalam tubuh anda.

Bagaimana mengatasinya?

Rubah sekarang juga gaya hidup Anda. Caranya, dengan mengganti konsumsi lemak jenuh dengan lemak tak jenuh ganda seperti ikan, minyak bunga matahari, minyak kedelai dan lain-lain yang jelas memiliki kadar lemak lebih rendah. Selain itu aktiflah melakukan kegiatan fisik, banyaklah bergerak. Melakukan olahraga sudah pasti membantu Anda untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh Anda. Pastikan apa yang Anda konsumsi lebih sedikit dibanding dengan aktifitas fisik Anda.

Jangan biarkan perut buncit terus menjadi teman sejati Anda. Mulailah hidup sehat dari sekarang.

Artikel Terkait :

Author: irvanhafid

Share This Post On

1 Comment

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *