Cara Mengatasi Sleep Apnea alias Ngorok ! | Diet Sehat

Cara Mengatasi Sleep Apnea alias Ngorok !

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang sangat umum di mana pernapasan seseorang terganggu atau bahkan berhenti tanpa sadar saat tidur. Hal ini dapat berlangsung selama 10 detik atau lebih dan dapat terjadi ratusan kali setiap malam.

Sleep apnea dapat disebabkan oleh saluran udara tersumbat atau menyempit di hidung, mulut atau tenggorokan. Hal ini juga dapat terjadi ketika otak gagal untuk mengirimkan sinyal ke otot-otot pernapasan Anda.

Menurut National Sleep Foundation, gangguan ini mempengaruhi lebih dari 18 juta orang Amerika. Sleep apnea bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Namun, hal itu mempengaruhi laki-laki lebih dari perempuan dan laki-laki khususnya Afrika-Amerika dan Hispanik.

Faktor lain yang menempatkan Anda pada peningkatan risiko yang lebih tua dari 60, obesitas, lingkar leher yang tebal, tenggorokan sempit, penyakit jantung, riwayat keluarga, asupan rutin alkohol, obat penenang, merokok berlebihan dan hidung tersumbat.

Tanda-tanda umum dan gejala sleep apnea adalah kualitas tidur yang buruk, kantuk di siang hari yang berlebihan, mendengkur keras, berhenti bernapas saat tidur yang disaksikan oleh orang lain, bangun terengah-engah, mulut kering, sakit kepala setelah bangun, insomnia dan perhatian masalah.

Jika tidak diobati, sleep apnea dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes dan depresi. Jadi, jika Anda memiliki sleep apnea, hal ini dapat diobati. Seiring dengan pengobatan konvensional, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumah dan perubahan gaya hidup untuk mengurangi gejala sleep apnea.

1. Honey

Madu bermanfaat dalam mengobati sleep apnea. sifat anti-inflamasi itu membantu mengurangi pembengkakan di sekitar daerah tenggorokan yang dapat menghambat saluran udara. Selain itu, melumasi tenggorokan untuk mencegah mendengkur, salah satu gejala yang paling umum dari sleep apnea.

Madu juga meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi. Selain itu, membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah obesitas. Kehilangan berat badan merupakan langkah penting untuk pengobatan sleep apnea.

  • Tambahkan 1 sendok makan madu mentah untuk segelas air hangat dan minum setiap hari sebelum tidur.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur 1 sendok teh setiap madu dan merica bubuk hitam dalam segelas air hangat. Minum perlahan-lahan sebelum tidur.
  • Untuk menurunkan berat badan, minum segelas air hangat dengan 1 sendok makan madu dan jus dari ½ lemon saat perut kosong setiap hari di pagi hari.

2. Chamomile

Pengobatan herbal lain yang efektif untuk sleep apnea adalah chamomile. ramuan ini mengandung senyawa kimia yang dapat mengendurkan otot dan saraf, menyebabkan sedasi dan mendorong kantuk. Selain itu, efek anti-inflamasi dapat membantu menyingkirkan obstruksi saluran napas yang menyebabkan dengkur.

  • Tambahkan 2 sendok teh chamomile kering ke secangkir air panas. Tutup dan diamkan selama 5 menit. Saring, lalu tambahkan sedikit madu dan sejumput bubuk kayu manis. Minum teh ini 1 jam sebelum tidur setiap hari.
  • Anda juga dapat menyiapkan minyak pijat dengan minyak chamomile satu bagian dan dua bagian minyak zaitun. Pijat leher Anda dengan minyak ini beberapa kali sehari.

3. Cinnamon (Kayu Manis)

Menurut Ayurveda, kayu manis memiliki sifat sedatif yang dapat membantu Anda tidur lebih baik dan mengobati masalah pernapasan yang terkait dengan sleep apnea.

  • Tambahkan 1 sendok makan jahe parut dan kayu manis ukuran sedang dengan 1 cangkir air panas. Didihkan selama beberapa menit, saring dan tambahkan madu. Minum setiap hari sebelum tidur.
  • Campurkan 1 sampai 2 sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir air panas. Minum sehari sekali.
  • Anda juga dapat menyiapkan pasta dari bubuk kayu manis dan air dan menempelkannya pada dahi dan dada. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Gunakan seperlunya untuk membuka saluran yang diblokir.

4. Bawang putih

Bawang putih baik untuk mengobati sleep apnea. Bawang putih ini merupakan anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dalam sistem pernapasan, sehingga membuat napas Anda lebih mudah ketika Anda tidur. Hal ini juga membantu meringankan pembesaran amandel dan mencegah mendengkur.

  • Makan 2 sampai 3 siung bawang putih saat perut kosong diikuti dengan segelas air. Ulangi setiap hari sampai peradangan dan gejala mereda.
  • Tambahkan bawang putih dalam masakan Anda atau konsumsi suplemen bawang putih setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

5. Peppermint

Peppermint adalah herbal yang sangat baik untuk mengurangi penyumbatan saluran napas. Peppermint ini merupakan anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan, yang pada gilirannya mendorong pernafasan lebih mudah dan halus. Peppermint juga bekerja dengan baik untuk mencegah mendengkur.

  • Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint untuk segelas air dan kemudian berkumur. Lakukan setiap hari ini sebelum tidur.
  • Anda juga dapat minum beberapa cangkir teh peppermint setiap hari. Untuk membuat teh, tambahkan 1 sendok makan daun peppermint hancurkan dengan secangkir air panas. Tutup dan diamkan selama 10 menit. Saring dan tambahkan madu. Minum selagi teh masih hangat.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *