Diet Konsumsi Gula | Diet Sehat

Diet Konsumsi Gula

Beberapa tahun belakangan ini, gula menjadi topik berita yang hangat, banyak yang memberitakan hal yang kontradiktif mengenai gula. Ada beberapa artikel menggunakan kata “racun” dan “toxic” untuk gula, tapi sementara yang lain mengatakannya bahwa gula adalah “sumber energi yang esensial”.

Dengan semua berita besar tentang gula, kita tidak yakin seberapa berbahayanya itu. Tahukah kamu ada sekitar 40 sendok teh kandungan gula sehari tersembunyikan di dalam makanan dan minuman instan. Dan ini ditemukan dalam makanan seperti yogurt rendah lemak, sereal, muesli bar, jus instan, minuman olahraga dan berbagai macam bumbu.

Berikut fakta-fakta tentang gula yang tersembunyi:

Penambahan Gula Ditemukan Di Hampir 80% Di Makanan & Minuman Instan

Tidak banyak orang yang benar-benar mengerti apa itu “gram” gula pada label. Yang perlu kita ketahui bahwa 1 sendok teh gula sama dengan 4 gram. Jadi jika anda melihat sebotol jus atau soda dengan 32 gram maka anda membaginya dengan 4 untuk mendapatkan 8 sendok teh. Organisasi kesehatan dunia WHO baru-baru ini merekomendasikan bahwa untuk kesehatan yang optimal, hanya 5% dari energi harus datang dari gula tambahan.

Ini berarti hanya 6 sendok teh gula tambahan perhari untuk 2000 kalori diet. Rata-rata kita saat ini mengkonsumsi hingga 30 sendok teh gula sehari.

Baca daftar bahan makanan

Perusahaan sekarang menggunakan lebih dari 100 nama yang berbeda untuk gula pada paket mereka untuk menghindari kata gula. Biasanya menggunakan sari tebu dan lainnya.

Gula itu sangat adiktif

sebuah studi terbaru oleh Nicole Avena menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, gula 8 kali lebih adiktif dari kokain.

Banyak kerusakan akibat kelebihan gula dapat terjadi di dalam tubuh

Gula seringkali membuat berat badan bertambah. Ini ditemukan pada penyakit hati berlemak dan pra-diabetes tipe 2. Satu setengah dari gula fruktosa yang unik karena memetabolisme dengan beralih ke lemak di hati kita. Sekitar 25% orang Amerika yang non-alkohol memiliki penyakit hati berlemak, yang tidak pernah terjadi 35 tahun yang lalu.

Anda memiliki kekuatan untuk mengubah

Mengurangi gula dalam diet harian anda sangat memungkinkan  dengan kekuatan niat yang anda punya agar risiko penyakit hati, diabetes tipe 2 ataupun penyakit jantung koroner menjadi berkurang.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *