Diet Sehat Dan Praktis | Diet Sehat

Diet Sehat Dan Praktis

Prinsip diet untuk menurunkan berat badan adalah bagaimana cara mengurangi asupan makanan tanpa menganggu aktivitas dan metabolisme tubuh. Jika tubuh tetap gemuk maka kita harus mencari masalahnya. Misalnya, ternyata karena makan siang terlalu banyak. Nah, makan siang yang terlalu banyak ini harus dikurangi. Penyebab makan siang yang terlalu banyak bisa jadi karena melewatkan makan pagi atau kurang tidur, akibatnya akan lebih cepat lapar disiang hari.

Untuk urusan diet, yang penting adalah tetap mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan jangan asal memangkas jumlah asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Agar berhasil, dalam melaksanakan diet harus memenuhi syarat berikut.

Jangan menyingkirkan golongan makanan tertentu

Banyak orang menyingkirkan golongan makanan tertentu yang dianggap ‘musuh’. Padahal, saat menjalankan program diet, tubuh kita memerlukan keseimbangan nutrisi yang masuk kedalam tubuh dan nutrisi untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Tubuh kita memerlukan air, vitamin, karbohidrat, sedikit lemak, mineral, serat, dan oksigen. Perkaya diet dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah, ini akan membantu tubuh membangun sistem kekebalan.

Perhatikan kecukupan tubuh akan protein

Tubuh memerlukan 30 gram protein dalam sehari. Daging dan susu serta produk olahan susu memiliki kandungan protein sangat tinggi. Buah dan sayuran tertentu juga ada yang mengandung protein, tetapi dalam jumlah sedikit. Polong-polongan, padi-padian, dan kacang-kacangan bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Jangan singkirkan semua lemak

Tubuh kita memerlukan 50 gram lemak setiap hari. Tidak semua lemak jahat sehingga Anda tidak perlu bermusuhan dengannya. Lemak akan menjaga otot tetap licin dan kuat. Anda  bisa memilih lemak baik yang didapat dari kacang-kacangan, minyak zaitun, atau buah avokad.

Makan hanya pada saat lapar

Kita bisa saja membatasi makanan yang masuk kedalam tubuh. Namun, kadangkala tubuh susah untuk diajak kompromi. Jadi, dianjurkan agar Anda makan hanya pada saat lapar, lalu jam-jam berikutnya Anda boleh mengemil buah dan sayuran.

Apakah Sesungguhnya Diet Itu?

Menurut Webster’s New World, diet adalah suatu seleksi makanan untuk orang tertentu. Diet khusus mungkin disarankan untuk alasan medis, untuk menyeimbangkan, membatasi, atau meningkatkan nutrisi tertentu. Diet juga dilakukan untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan mengurangi asupan kalori atau pemilihan makanan tertentu.

Diet tertentu juga diikuti karena latar belakang agama, moral, atau alasan ekstetika. Jelas bahwa diet yang lebih populer untuk tujuan melangsingkan tubuh, sebenarnya juga dilakukan untuk beberapa alasan lainnya. Makanan yang kita makan dapat menolong kita tidak terkena penyakit tertentu, bahkan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Kriteria diet sehat terletak pada nilai gizi dari pemilihan makanan tertentu sebagai program diet. Bila nutrisi yang terkandung dalam makanan tidak memenuhi standar kriteria diet sehat, maka pelaku diet perlu menyadari dan tidak meneruskan pola diet yang demikian. Jadi, tidak semua jenis diet adalah diet sehat. Diet sehat adalah diet seimbang yang mengandung banyak serat sayuran, karbohidrat kompleks, vitamin, mineral, enzim, dan minyak tak jenuh yang dapat mejaga keseimbangan level kolesterol dalam darah.

Diet Sehat Dan Sederhana

Menjaga berat badan agar tetap ideal memang sulit dilakukan, apalagi menurunkan berat badan, lebih sulit lagi! Jika Anda sudah mencoba melakukan diet, tetapi gagal, Anda mungkin menganggaap diet percuma bagi Anda. Mungkin itu benar untuk satu metode diet tertentu. Akan tetapi, sesungguhnya ada banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencapai berat badan ideal tanpa terjebak dalam metode diet tertentu.

Teori tentang berat badan sangat sederhana: Jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, berat badan Anda bertambah. Sebaliknya, jika Anda makan lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar, berat badan Anda turun.

Sederhana bukan?

Lalu, mengapa menurunkan berat badan menjadi hal yang sangat sulit dilakukan?

Sering kali, upaya menurunkan berat badan terasa jauh lebih sulit dari yang sebenarnya karena metode diet ekstrem yang kita pilih. Gaya hidup dan ketakutan akan rasa lapar terus-menerus akibat diet yang keliru menghentikan upaya menurunkan berat badan, bahkan sebelum kita mulai. Sesungguhnya, Anda dapat menurunkan berat badan tanpa harus sengsara. Dengan membuat pilihan cerdas setiap hari, mengganti kebiasaan makan menjadi lebih baik, dan mengubah cara pandang Anda mengenai diet, Anda dapat memenangkan “pertempuran” melawan tonjolan lemak tubuh Anda.

Ada 10 cara diet sehat, tetapi sederhana yang dapat Anda lakukan agar tidak tenggelam dalam kemelut kegalauan dalam menurunkan berat badan.

  1. Kenali tubuh Anda: Berhentilah membandingkan dengan tubuh teman-teman Anda. Saat Anda mengenal cara kerja tubuh sendiri maka akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhannya.
  2. Makan teratur dengan menu dan porsi seimbang: Ini persis seperti pepatah lama, Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
  3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur: Pemilik berat badan ideal rata-rata makan lebih dari satu sajian buah dan makan lebih banyak serat dan lebih sedikit lemak dibanding orang gemuk. Itu hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dietec Association pada 2006.
  4. Biasakan sarapan pagi: Mulailah hari dengan menu dan porsi sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori disepanjang sisa hari.
  5. Perbanyak minum air putih: Cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter per hari.
  6. Berolahragalah: Jadikan olahraga sebagai kegiatan yang tidak bisa dikompromikan.
  7. Bebas gula: Cobalah untuk beberapa saat makan/minum tanpa gula. Rasanya luar biasa mengetahui nafsu makan Anda yang biasanya tak bisa dipendam berangsur-angsur menghilang.
  8. Jangan melakukan tindakan ekstrem: Tindakan esktrem misalnya berpuasa seharian penuh hanya untuk menurunkan berat badan. Terbaik adalah makan dalam porsi sedikit tapi mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  9. Gosok gigi segera: Setelah makan malam, segera gosok gigi untuk mengingatkan diri Anda bahwa waktu makan sudah habis.
  10. Jangan sekali-kali kompensasikan perasaan ke makanan: Kebiasaan yang sangat tidak baik bila kita makan berlebih di saat-saat perasaan kita sedang buruk ataupun terlalu gembira. Pada umumnya orang yang terlalu terbawa emosi sesaat agak susah mengontrol pola makannya.

Author: admin one

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *