Estrogen Dan Progesterone I | Diet Sehat

Estrogen Dan Progesterone I

Peran estrogen luar biasa banyaknya, terutama pada tubuh perempuan. Selain  mengarahkan seluruh perkembangan wanita, dari anak-anak sampai dewasa, estrogen juga berdampak besar terhadap lemak darah, enzim pencernaan, keseimbangan air dan garam, kepadatan tulang, fungsi jantung, ingatan, serta masih banyak fungsi lainnya.

Estrogen dan progesterone adalah hormon steroid. Kebanyakan orang memikirkan pria-pria bertubuh kekar ketika mereka mendengar kata “steroid”, tetapi sebenarnya ini berarti bahwa tubuh anda menciptakan hormon-hormon dari kolesterol. Pria dan wanita memproduksi estrogen dan progesterone secara normal, tetapi lingkungan kita juga menyodorkan sejumlah besar estrogen pada tubuh kita. Xenostrogens adalah estrogen buatan manusia, seperti terapi sulih hormon, racun lingkungan (pestisida, plastic, dioksin), dan bahan tambahan makanan, dapat mengakibatkan efek yang mendalam terhadap keseimbangan estrogen tubuh secara keseluruhan. Fitoestrogen adalah sumber estrogen tanaman, seperti kedelai dan biji rami, yang memiliki efek lebih ringan terhadap tubuh.

Di mana estrogen dan progesterone diproduksi oleh wanita:

ovarium, adrenal, lemak jaringan, dan plasenta. Estrogen sebenarnya diciptakan di seluruh tubuh. Mereka dapat terikat dengan reseptor pada sel-sel luar, seperti hormon yang lain, atau bergeser langsung ke reseptor dalam inti sel, tempat DNA hidup. Kekuatan ganda ini bagian dari apa yang membuat estrogen begitu berpengaruh.

Wanita sebenarnya memiliki berbagai macam estrogen, tetapi tiga bentuk yang utama adalah estradiol, estron, dan estriol. Sebelum seorang wanita mencapai menopause, jumlah tertinggi estrogen alami yang diproduksi dalam tubuh wanita adalah estradiol dari indung telurnya. Estradiol diantarkan ke seluruh tubuh dalam detik ia diciptakan. Estradiol-lah yang memberikan wanita payudara dan pinggul, mengahaluskan kulit kita, melindungi otak, jantung, dan tulang kita, serta mengatur siklus haid kita.

Estron adalah estrogen yang diproduksi dalam sel-sel lemak dan kelenjar adrenal. Kelenjar berukuran kenari ini terletak tepat di atas ginjal dan memiliki sedikit hal positif bagi tubuh kita. Untungnya, sebelum kita mengalami menopause, estron mudah diubah menjadi estradiol. (setelah itu, tidak ada kesempatan, ia akan tetap menjadi estron). Estrogen ketiga yang paling umum, estriol, hampir tidak selazim dua yang pertama. Plasenta menghasilkan estriol selama kehamilan.

Teman estrogen, progesterone, berasal dari ovarium. Ia dilepaskan ketika folikel pecah dan melepaskan sel telur setiap bulan. Progesterone memainkan peran besar dalam melindungi kehamilan dan membantu prses menyusui. Progesterone juga diproduksi di adrenal dan berfungsi sebagai precursor bagi kortisol, testosterone, dan estrogen.

Di mana estrogen dan progesterone diproduksi oleh pria:

Testis dan adrenal. Pria memiliki sejumlah kecil estradiol alami, diproduksi di testis dan adrenal. Ketika estrogen berada pada tingkat normal, ia dapat membantu melindungi otak, jantung, dan tulang serta menjaga libido yang sehat.

Bagaimana estrogen dan progesterone memengaruhi metabolisme perempuan:

Estradiol adalah estrogen orang muda, dalam kadar yang tepat, peran utamanya adalah membantu tubuh perempuan tetap ramping, estradiol menurunkan insulin dan tingkat tekanan darah, meningkatkan HDL, dan menurunkan LDL. Wanita dengan kadar estradiol yang lebih tinggi cenderung memiliki massa otot yang lebih tinggi dan kadar lemak yang rendah. Estradiol membantu mengatur rasa lapar dengan menciptakan perasaan puas yang sama seperti yang berasal dari serotonin. Ia membantu menjaga suasana hati tetap stabil dan energi tetap tinggi sehingga lebih termotivasi untuk berolahraga. Estradiol menciptakan lemak di pinggul dan bokong, tapi ingat –  lemak sebenarnya membantu respon insulin anda.

Ketika anda mempersiapkan diri untuk menjelang menopause, ovarium anda mulai tidak aktif dan produksi estradiol menurun. Kemudian estron menjadi sumber estrogen utama anda. Hal ini akan menjadi menyebalkan, sebab estrone segera menggeser lemak dari bokong dan pinggul ke perut anda. Ketika anda kehilangan lebih banyak estrogen ovarium, tubuh menjadi putus asa untuk bertahan pada pembuat estrogen lain di berbagai area tubuh, termasuk lemak, sehingga sulit bagi anda untuk menghilangkan lemak perut. Semakin banyak lemak yang anda miliki, semakin banyak estron yang anda hasilkan, karena jaringan lemak mengubah androgen pembakar lemak menjadi estron penyimpan lemak.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *