Hormon Metabolik (Tiroid) | Diet Sehat

Hormon Metabolik (Tiroid)

Hipotiroidisme telah menjadi topik kesehatan yang cukup panas dewasa ini, menyusul pengakuan Oprah yang memiliki kelenjar tiroid yang “rusak”. Sesungguhnya, masalah tiroid sangat umum di negeri ini. Sekitar 27 juta orang memiliki ketidakseimbangan tiroid, tapi hanya kurang dari separuh dari mereka yang mengetahuinya, karena gejala-gejalanya – perubahan energi, suasana hati, dan berat badan – mirip dengan kondisi lain.

Dari mana hormon tiroid berasal: kelenjar tiroid yang berbentuk kupu-kupu terletak di leher, tepat di bawah jakun dan sedikit di atas tulang  selangka anda. Biasanya, kelenjar ini sangat kecil – hanya sekitar dua inci, dengan lobus di setiap sisi tenggorokan. Namun, jika tiroid meradang, anda bisa terkena gondok, anda dapat melihat tonjolan muncul pada leher anda.

Bagaimana hormon tiroid memengaruhi metabolisme: hormon tiroid melakukan banyak fungsi dalam tubuh anda: mereka membantu mengontrol sejumlah oksigen yang digunakan oleh tiap-tiap sel, laju ketika tubuh membakar kalori, detak jantung, keseluruhan pertumbuhan, suhu tubuh, kesuburan, pencernaan, ingatan, dan suasana hati. (Pada dasarnya, seluruh enchilada).

Kelenjar pituitary menciptakan thyroid-stimulating hormone (TSH, hormon peransang tiroid) untuk menyalakan tiroid. Tiroid kemudian mengambil yodium dari darah dan mengubahnya menjadi hormon tiroid. Jumlah terbesar adalah T4, tiroksin, yang sebenarnya semacam metabolik tak berguna. Keajaiban tiroid terjadi saat T4 dikonversi ke T3, hormon tiroid yang gesit meningkatkan metabolisme. Konversi ini berubah-ubah dan sepenuhnya tergantung pada apa yang terjadi di dalam tubuh anda. Apakah anda sedang sakit, stress, makan dengan baik atau buruk, hamil, mengonsumsi obat, menua, menyerap racun lingkungan – semua ini akan berdampak pada seberapa efisien konversi ini terjadi dan, akibatnya, berapa banyak T3 tubuh anda yang aktif pada saat tertentu. Sebagai contoh, ketika anda tidak memberi asupan kalori yang cukup, kelenjar pituari berhenti memproduksi T4. Kurang T4, berarti kurang T3. Kurang T3, berarti metabolisme lambat. Ini adalah bagian dari penyebab lingkaran setan yang dikenal sebagai diet yo-yo.

Bagaimana hormon tiroid bisa kacau: bila hormon tiroid tidak seimbang, entah terlalu tinggi atau terlalu rendah, reaksi kimia di sekujur tubuh bisa berantakan. Tiroid yang kurang aktif dapat menurunkan energi dan membuat anda kelebihan berat badan. Ini disebut hipotiroidisme. Anda dapat merasa lesu dan mulai menumpuk beberapa kilogram tambahan yang tidak disebabkan oleh pola makan yang buruk atau kurangnya olahraga.

Penyebab paling umum dari hipotiroidisme adalah tiroiditis Hashimoto, suatu kondisi herediter yang tujuh kali lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid. Jadi, anda lihat sendiri betapa wanita sangat kacau dalam bidang tiroid. Semakin ada alasan yang kuat untuk meminta tiroid anda dites jika anda curiga anda memiliki satu atau lebih gejala yang tercantum di sini. Kabar baiknya adalah bahwa diet ini akan membantu mendukung tiroid anda sehingga ia bisa bekerja membakar sebagian lemak untuk anda.

Mengingat hipotiroidisme dapat membuat segalanya melambat, anda mungkin berpikir bahwa menjadi hipertiroid adalah hal yang baik, kan? Tidak terlalu. Pada penyakit Graves, bentuk paling umum dari hipertiroid, jantung anda bisa berpacu, anda bisa menjadi tidak tahan terhadap suhu hangat, dan anda dapat kehilangan berat badan dan/atau sangat kelelahan. Orang dengan kelenjar tiroid yang terlalu aktif sering kali diberikan yodium radioaktif, kemudian membuat mereka hipotiroid. Dengan demikian, anda bisa lihat bahwa mencapai keseimbangan tiroid itu sangat sulit, dengan efek-efek tak menyenangkan di kedua ujung spectrum. Karena itu, amat penting untuk bekerjasama dengan endokrinolog yang baik untuk menjaga kadar hormon anda tetap seimbang.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *