Hormon Metabolisme Leptin | Diet Sehat

Hormon Metabolisme Leptin

Para ilmuan dahulu meyakini bahwa sel-sel lemak hanyalah gumpalan besar menjijikkan yang menunggu untuk membesar atau mengecil. Sekarang mereka mengetahui bahwa lemak kita adalah kelenjar endokrin yang sangat besar, yang secara aktif memproduksi dan bereaksi terhadap hormon. Meski para ilmuan terus mengidentifikasi semakin banyak sel-sel hormon lemak setiap hari, mungkin penelitian terbaik dari hormon-hormon tersebut adalah leptin.

Di mana Leptin di produksi:

Sel-sel lemak. Leptin adalah protein, dibuat oleh sel-sel lemak, yang dikendalikan oleh gen berpengaruh yang disebut gen ob. Leptin bekerja dengan hormon-hormon lain-tiroid, kortisol, dan insulin – untuk membantu tubuh anda mengetahui kadar lapar, berapa cepat ia akan membakar makanan yang anda lahap. Dan apakah ia akan menahan (atau mengurangi) berat badan.

Bagaimana Leptin Memengaruhi Metabolisme:

Anda memiliki reseptor untuk leptin yang berserakan di mana-mana, tetapi otaklah tempat hormon yang paling aktif. Ketika anda makan, sel-sel lemak di sekujur tubuh melepaskan hormon ini. Leptin berjalan ke hipotalamus, bagian otak yang membantu mengatur nafsu makan, dan membuat ikatan dengan reseptor-reseptor leptin di sana. Reseptor-reseptor ini mengendalikan produksi neuropeptide, protein bersinyal kecil yang menyalakan dan mematikan nafsu makan kita.

Salah satu jenis yang paling terkenal adalah neuropeptide Y, peptide yang menyalakan nafsu makan dan menurunkan laju metabolisme. Leptin mematikan neuropeptide Y, menyalakan sinyal-sinyal penekan nafsu makan, dan tubuh pun mendapat pesan untuk berhenti merasa lapar dan mulai membakar lebih banyak kalori.

Bila bekerja dengan cara yang tepat, leptin juga membantu tubuh menggunakan simpanan lemak jangka panjang dan menguranginya. Namun, ketika sinyal leptin tidak bekerja, anda akan terus makan karena anda tak pernah merasa cukup.

Sebagai tambahan, pada pelepasan leptin yang terjadi setelah makan, tubuh anda juga mengalami semburan leptin sepanjang malam, saat anda tidur. Semburan leptin ini mendorong kadar hormon peransang tiroid anda, yang membantu tiroid melepas tiroksin.

Bagaimana leptin bisa menjadi kecau

Leptin dapat menjadi kacau dalam beberapa cara. Pertama, anda bisa jadi dilahirkan dengan kadar leptin yang rendah. Para ilmuan telah menemukan mutasi gen ob merusak produksi leptin kita; mutasi ini menyebabkan anak-anak tertentu menjadi obesitas parah. Suplementasi sederhana dengan leptin biasanya membantu anak-anak ini menjaga berat badan yang sehat. kondisi ini amat jarang – anda pasti akan mengetahuinya saat ini kalau anda mengalaminya.

Percaya atau tidak, kadar leptin yang rendah bukanlah masalah leptin kita yang terbesar. Para peneliti menemukan bahwa banyak orang yang kelebihan berat badan sesungguhnya memiliki kadar leptin yang sangat tinggi. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Yah, semakin banyak lemak yang anda miliki, semakin banyak leptin yang anda hasilkan. Serupa dengan yang terjadi dengan resistensi insulin, ketika tubuh terus-menerus menyemburkan kadar leptin yang berlebihan – sebagai respons atas makan berlebihan – reseptor-reseptor leptin dapat menjadi pusing dan tak lagi mengenalinya. Orang-orang dengan resistansi leptin memiliki kadar tinggi leptin yang beredar, tetapi reseptor mereka tak dapat menerimanya, neuropeptide Y tak pernah dimatikan, mereka tetap lapar, dan metabolisme mereka melambat.

Resistansi leptin dan resistansi insulin saling berkaitan. Namun, seperti yang terjadi pada resistansi insulin, jika berat badan sedikit turun, tubuh akan semakin sensitive terhadap leptin. Ia juga mulai lebih sensitive menanggapi leptin dan mulai bertindak seperti tujuannya – membantu anda menyingkir dari meja makan dan berkata, “CUKUP!”

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *