Hormon Pertumbuhan | Diet Sehat

Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan (kadang-kadang disebut HGH) adalah salah satu hormon yang kita ingin jumlahnya lebih banyak. HGH tampaknya membuat segalanya lebih baik – membangun otot, membakar lemak, membantu melawan penyakit jantung, melindungi tulang, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan beberapa pendapat bahkan mengatakan bahwa hormon ini membuat anda lebih bahagia. Orang dengan tingkat hormon pertumbuhan lebih tinggi hidup lebih lama dan lebih baik. Namun, jangan buru-buru meminta suntikan HGN dulu – suplemen adalah kontrovesrsial dan berisiko, dan bahkan menyebabkan resitansi insulin.

Dimana hormon pertumbuhan diproduksi:

Pituitary, kelenjar kecil yang terletak di bawah hipotalamus di dalam otak. Hormon pertumbuhan adalah salah satu hormon anabolik yang paling berpengaruh, memainkan peran besar dalam pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh lainnya, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagaimana dampak hormon pertumbuhan terhadap metabolisme:

Hormon pertumbuhan meningkatkan massa otot anda dalam beberapa cara: ia membantu tubuh menyerap asam-asam amino, membantu mensintesis mereka ke dalam otot, kemudian mencegah kerusakan otot. Semua tindakan ini meningkatkan laju metabolisme istirahat anda dan memberikan kekuatan lebih untuk olahraga.

Hormon pertumbuhan juga luar biasa dalam membantu menggunakan simpanan lemak anda. Sel lemak memiliki reseptor hormon pertumbuhan yang memicu sel-sel memecah dan membakar trigliserida. Hormon pertumbuhan juga menghambat sel-sel lemak menyerap atau berpegangan pada setiap lemak yang mengambang di dalam aliran darah.

Tambahkan ke daftar prestasi luar biasa hormon ini, kenyataan bahwa hormon pertumbuhan dapat menajadi teman terbaik bagi liver. HGH membantu menjaga dan melindungi pankreas yang memproduksi insulin dan juga membantu hati untuk mensintesis glukosa. Hormon pertumbuhan membantu terjadinya gluconeogenesis, suatu proses yang sangat keren ketika tubuh dapat membuat karbohidrat dari protein. Gluconeogenesis membantu anda kehilangan lemak dengan cepat sambil memberikan otak dan jaringan lain energi yang mereka butuhkan, tanpa diet karbohidrat berlebih.

Hormon pertumbuhan sebenarnya menangkal kemampuan insulin untuk membawa glukosa ke dalam sel, dan sebagai gantinya menggiring glukosa ke liver. Sayangnya, tindakan ini merupakan salah satu alasan mengapa kelebihan hormon pertumbuhan tambahan dapat menyebabkan resistansi insulin – yang juga menjadi alasan mengapa anda harus sangat berhati-hati sebelum memilih jalan itu.

Bagaimana hormon pertumbuhan bisa menjadi kacau:

Kekurangan hormon pertumbuhan merupakan kondisi yang sangat nyata, terutama merugikan di masa kecil. Anak tanpa hormon pertumbuhan yang cukup akan bertubuh lebih pendek dan mengalami perkembangan seksual yang tertunda. Kekurangan hormon pertumbuhan mereka bisa berlanjut hingga dewasa. Kekurangan hormon pertumbuhan juga dapat dimulai pada masa dewasa, tetapi lebih sulit didiagnosis, karena gejalanya termasuk beberapa karakteristik penuaan yang umum seperti menurunnya massa tulang, energi, dan kekuatan.

Kenyataan bahwa kondisi medis tersebut ada, telah menjadi dasar bagi beberapa klinik antipenuaan untuk memberikan suplemen bagi pasien mereka yang tertarik dengan hormon pertumbuhan yang memiliki sifat membakar lemak dan membangun otot ini. Sama seperti pada menopause dan andropause, fakta yang menyedihkan adalah bahwa hormon pertumbuhan secara alami mulai menurun beberapa saat setelah usia tiga puluhan. Akan tetapi, kita juga melakukan banyak hal yang dapat mempercepat penurunan prematur. Oleh karena itu, kita harus mengusahakan perubahan perilaku sebelum kita mempertimbangkan suplemen.

Dari semua hal kurang pintar yang kita lakukan untuk mengacaukan keseimbangan hormon kita, merampas kualitas tidur kita sendiri mungkin adalah yang paling bodoh. Hormon pertumbuhan pada orang dewasa dilepaskan rata-rata lima gelombang sepajang hari. Gelombang yang terbesar terjadi selama kita berada dalam tahap 4 tidur terdalam, sekitar satu jam pertama setelah kita tertidur. Sebuah penelitian Universitas Chicago menemukan bahwa ketika orang terganggu pada tahap tidur ini (dengan gangguan kecil yang tidak cukup untuk membangunkan mereka tapi mengurangi kualitas tidur mereka), tingkat pertumbuhan harian hormon mereka merosot 23 persen.

Cara lain menekan tingkat hormon pertumbuhan kita sendiri adalah ketika kita makan terlalu banyak karbohidrat berkualitas rendah dan menjaga kadar gula darah serta insulin kita tinggi. Protein, di sisi lain, dapat membantu melepaskan kadar hormon pertumbuhan yang lebih tinggi. Jadi, jika kita kekurangan protein dan sebaliknya, kelebihan karbohidrat, kita menjatuhkan produksi hormon pertumbuhan hingga dua tingkat. Bukti baru ini juga mulai muncul dan menunjukkan bahwa hormon dari pestisida dan zat pencemar lain di lingkungan serta diet kita, dapat memengaruhi kadar hormon pertumbuhan.

Salah satu cara jitu mengubah tubuh menjadi pabrik hormon pertumbuhan adalah dengan olahraga yang intens. Selama olahraga intens, dan terutama selama interval, hormon pertumbuhan mengabaikan glukosa dan sebagai gantinya mendorong tubuh untuk menggunakan lemak sebagai bahan bakarnya. Hal ini tidak hanya membantu membakar lemak sementara anda berolahraga, tetapi juga menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga anda memiliki energi untuk terus berolahraga. Ketika anda tidak berolahraga dan otot-otot menjadi resistan terhadap insulin, anda meningkatkan kadar insulin yang beredar dan menekan hormon pertumbuhan lebih jauh lagi. Kita perlu bangkit dan menekankan cara yang sangat sehat ini untuk membalikkan efek penuaan – dan bukannya menyuntikkan HGH kepada diri kita.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *