Jenis Buah Dan Sayur Mediterranean Diet | Diet Sehat

Jenis Buah Dan Sayur Mediterranean Diet

Hampir semua metode diet menganjurkan konsumsi buah dan sayuran, pada faktanya tidak ada jenis buah khusus untuk diet, tetapi memang ada beberapa metode diet yang menganjurkan untuk lebih mengonsumsi jenis buah tertentu. Nah, sekarang mari coba kita kupas mengenai diet ini, dan apakah pada diet ini juga diwajibkan mengonsumsi jenis buah tertentu.

Diet ini sangat menekankan pada konsumsi buah, sayur dan biji-bijian atau kacang-kacangan. Artinya tidak ada jenis buah tertentu yang harus dikonsumsi pada diet ini, semua jenis buah dan sayur dapat dikonsumsi pada diet ini.

Wortel

Wortel banyak mengandung vitamin A, sari buah wortel atau jusnya sangat berkhasiat bagi kesehatan. Wortel juga mengandung pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah sebesar rata-rata 11 %, 2,5 wortel atau segelas jus wortel dapat menurunkan kolesterol.

Apel

Apel mengandung banyak magnesium, zat besi, juga mengandung vitamin A,B,C dan potasium yang dapat melancarkan pencerrnaan. Seperempat bagian dari apel mengandung pektin. Minum jus apel 1 gelas setiap hari dapat membersihkan lemak lebih cepat.

Belimbing

Belimbing banyak mengandung vitamin A,B1, dan C. Belimbing dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker. Belimbing juga mengandung pektin yang dapat mengikat kolesterol dan asam empedu didalam usus. Manfaat mengonsumsi jus belimbing lebih maksimal dibandingkan mengonsumsi langsung. Idealnya jus belimbing dikonsumsi 1 gelas per hari.

Jambu Biji

Banyak mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, selain itu juga mengandung vitamin B,A, niasin, pektin, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Jenis Sayur Pilihan Mediterranean Diet

Semua jenis sayur adalah baik, mengingat kandungan manfaat yang ada pada sayuran hijau penting untuk antioksidan serta membuang toksin tubuh. Kali ini akan dikupas beberapa jenis sayur yang cocok untuk jenis diet ini, seperti:

  • Gambas atau oyong yang memiliki serat 3-6 gram.
  • Jamur kuping segar yang memiliki serat lebih dari 6 gram.
  • Mentimun memiliki serat 3-6 gram, serta tinggi kalium.
  • Lobak juga memiliki serat lebih dari 6 gram.
  • Selada memiliki serat 3-6 gram, serta tinggi kalium.
  • Selada air memiliki 3-6 gram serat.
  • LettuceĀ juga memiliki serat 3-6 gram serat.

Serat itu sendiri memiliki fungsi melancarkan sistem pencernaan sehingga tidak terjadi penumpukan lemak, yang nantinya akan terbuang melalui feses. Hal ini akan sangat membantu dalam program diet.

Berikut kandungan-kandungan yang terdapat dalam sayuran yang berguna juga untuk pencegah penyakit pencernaan.

Mentimun

Mentimun, selain mengandung banyak air yang berfungsi sebagai penetral fungsi pencernaan setiap asupan makanan yang masuk juga berfungsi sebagai penurun hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Lobak

Lobak, dapat membakar penggumpulan lemak pada tubuh, megandung vitamin A, B1, B2, C, E serta betakaroten dan mineral mangan yang baik untuk detoksifikasi pada tubuh manusia. Detoksifikasi sangat penting untuk membuang racun dalam tubuh manusia.

Lobak juga kaya akan vitamin dan omega 3 yang berfungsi mencegah penggumpalan lemak, lobak juga kaya serat yang dapat membantu kelancaran BAB.

Untuk mengatasi masalah pencernaan, dapat menggunakan lobak. Caranya adalah siapkan 200 gram lobak tambahkan bunga angco, masak menjadi kuah kemudian diminum 2 kali sehari.

Selada

Sangat baik karena rendah kalori dan rendah lemak sehingga aman untuk dikonsumsi sebagai makanan diet Anda. Namun menjadi berkalori tinggi jika campuran saus pada selada mengandung jumlah kalori yang tinggi. Sehingga, tinggi rendah kalori pada selada bergantung pada campuran selada itu sendiri, maka pilihlah saus yang rendah lemak seperti mayones yang rendah lemak (25-20 kalori).

Hindari pula selada dengan digoreng, jika selada akan Anda olah, sebaiknya gunakan juga wajan yang antilengket dan lemak asli sebagai minyaknya.

Mengurangi 1 sendok lemak sama dengan mengurangi 100 kalori. Saus kacang bisa menjadi alternatif pilihan karena mengandung lemak tak jenuh, vitamin E, niacin, folat, dan magnesium.

Selada Air

Sama halnya dengan selada lainnya, selada air juga rendah kalori dan mengandung banyak serat yang dapat memperlancar BAB, dan membuat rasa kenyang yang cukup lama. Dengan mengonsumsi selada air mentah setiap hari selama delapan hari berturut-turut dapat mempercepat program diet Anda, serta dapat mengurangi sembelit-sembelit pada tubuh.

Gambas atau Oyong

Memiliki serat yang cukup tinggi membuat oyong menjadi daftar menu diet, serat merupakan salah satu kandungan terpenting dalam diet karena selain dapat melancarkan BAB juga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Lettuce

Lettuce adalah salah satu sayuran rendah kalori. 100 gr selada hijau segar mengandung 15 kalori.

Kandungan Gizi Lettuce antara lain :

  1. Lettuce memiliki kandungan kalori yang rendah dan mengandung 90 persen lebih air.
  2. Lettuce berwarna gelap kaya akan folat dan betakaroten yang sangat tingi karena kandungan vitamin C, potasium, dan phyto-chemical.
  3. 100 gram lettuce setara dengan 13 kalori.
  4. Lettuce mengandung serat yang tinggi.
  5. Lettuce kaya akan fiber. Serat yang dikonsumsi membuat lambung merasa lebih penuh selama beberapa saat. Beberapa ahli diet menganjurkan Anda memakan lettuce besar sebelum makan. Dan, akan membuat Anda tidak ingin makan lebih banyak saat jam makan.
  6. Lettuce selain tinggi serat, juga membantu memperlancar pencernaan dan mengatasi konstipasi.

 

Author: admin one

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *