Yuk, Kombinasikan Makanan dengan Benar | Diet Sehat

Yuk, Kombinasikan Makanan dengan Benar

Dalam melakukan diet yang harus diperhatikan adalah apa saja yang masuk dan dikeluarkan oleh tubuh kita. Nah mulai sekarang, anda sebaiknya memasukkan sedikit protein, lemak, dan karbohidrat ke dalam setiap makanan dan kudapan (kecuali makanan ringan malam, yang akan fokus pada protein). Setiap zat gizi berperan penting bagi hormon kita. mengurangi satu nutrisi akan memperlambat metabolisme anda.

Kita membutuhkan lemak

Lemak yang didapat dari luar tubuh disebut sebagai lemak “esensial” karena kita harus mendapatkannya dari luar tubuh kita untuk menghindari kekurangan gizi. Lemak hewan dan sayuran menyediakan energi terkonsentrasi yang berharga. Mereka juga menyediakan bahan pembangun untuk selaput sel dan berbagai hormon serta senyawa serupa hormon.

Lemak memperlambat penyerapan nutrisi sehingga anda dapat bertahan lama tanpa merasa lapar. Mereka membantu memetabolisme gula dan insulin, yang membantu anda menurunkan berat badan. Tanpa lemak, karbohidrat akan mengajak gula darah (dan insulin) kita untuk naik roller coaster tanpa henti. Mereka bertindak sebagai pembawa vitamin larut lemak yang penting: A, D, E, dan K, serta semua karotenoid. Omega-3 yang menyehatkan jantung membantu mengendalikan kadar trigliserida kita dan dapat memperbaiki resistansi insulin. Beberapa jenis lemak Рseperti CLA Рbenar-benar membantu kita membakar simpanan lemak dari tubuh. Orang yang cenderung berisiko resistansi insulin membutuhkan sekitar 30 persen lemak dalam makanan mereka untuk membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika orang-orang ini mencoba untuk menurunkan berat badan dengan menjalankan  diet rendah lemak, mereka sering gagal sejak awal atau tidak dapat menjaga penurunan berat badan dalam jangka panjang. Beberapa peneliti bahkan berpendapat bahwa lemak jenuh yang telah lama disebut sebagai faktor utama penyebab penyakit jantung dan obesitas tidak tepat, dan mungkin malah bermanfaat bagi penurunan berat badan.

Kita Membutuhkan Protein

Anda membutuhkan protein untuk mempertahankan dan membangun otot. Hanya dengan tindakan makan protein, dapat membantu tubuh membakar kalori hingga 35 persen lebih tinggi dalam pencernaan. Protein merangsang produksi hormon kenyang CCK dan mengurangi kadar ghrelin. Ketika karbohidrat dimakan tanpa protein, kadar insulin melejit sampai ke atap. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi protein dapat membantu seseorang mempertahankan berat badan mereka untuk waktu yang cukup lama. Mereka memiliki komposisi tubuh yang lebih baik, mereka menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, gula darah, dan insulin. Mereka juga meningkatkan metabolismenya lebih daripada saat mereka mulai menjalani diet tersebut.

Kita Perlu Karbohidrat

Sebagai manusia, kita tidak bisa berfungsi tanpa karbohidrat. Karbohidrat memberi kita energi. Tanpa karbohidrat, kita tidak bisa berpikir, berjalan, menari, mengemudi, atau melakukan apa pun. Kita membutuhkannya untuk hidup. Sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang sangat membatasi karbohidrat mereka selama 3 hari, berbalik menjadi tong karbohidrat pada hari keempat, makan 44 persen lebih banyak kalori dari karbohidrat semula.]

Karbohidrat memberikan tekstur, kerenyahan, variasi, dan warna pada makanan. Karbohidrat membuat kita bahagia, secara harfiah, dengan memberi makan neurotransmitter. Orang-orang yang makan tiga porsi padi-padian perhari, 30 persen lebih terlindungi dari risiko penyebab diabetes tipe 2.

Karbohidrat juga merupakan kendaraan untuk begitu banyak pemburu alami untuk penyakit. Fitokimia hanya berasal dari tanaman. Tanpa karbohidrat, kita akan menjadi target empuk bagi kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, peradangan kronis, dan masalah pencernaan.

Memakan serat, jenis karbohidrat yang hanya berasal dari tanaman, adalah salah satu dari beberapa cara untuk membantu tubuh mengeluarkan racun yang telah dibangun di jaringan dan mengacaukan sistem endokrin selama bertahun-tahun.

Ingat, kuncinya adalah karbohidrat yang baik! sayuran, buah-buahan, dan padi-padian utuh!

 

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *