Manfaat Besar Jeruk Nipis | Diet Sehat

Manfaat Besar Jeruk Nipis

Manfaat kesehatan jeruk nipis termasuk menurunkan berat badan, perawatan muka, melancarkan pencernaan, menyembuhkan konstipasi, perawatan mata dan kudis, ambeien, penyakit pernafasan, asam urat, gusi, penyakit saluran kencing,dan sebagainya.

Biasanya, buah yang pertama kali muncul dalam pikiran kita untuk mengobati penyakit adalah jeruk nipis. Buah yang rasanya kecut ini dapat mempercepat penyembuhan penyakit. Jeruk nipis disebut juga Citrus Aurantifolia, telah digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit.

Jeruk nipis sering digunakan dalam makanan seperti cocktails, selai, jelli, snack, permen, dan penambah rasa dalam makanan. Minyak yang diekstrak dari kulit jeruk nipis biasanya digunakan sebagai konsentrat pada softdrink, body lotion, produk kosmetik, desinfektan, pencuci mulut, dan masih banyak lagi.

Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis

  1. Kudis: Jeruk nipis dikenal dapat menyembuhkan Kudis, yang mana penyakit ini disebabkan oleh defisiensi vitamin C. Hal ini ditandai dengan demam, bibir pecah-pecah, ulkus pada lidah dan mulut. Kudis juga bisa dikenali dari adanya bercak, kembung, dan gusi berdarah. Karena kudis disebabkan oleh defisiensi vitamin C, maka disembuhkan dengan vitamin C dan jeruk nipis mengandung vitamin C essensial yang sangat banyak. Dahulu, prajurit dan pelaut diberikan jeruk nipis untuk mencegah terjadinya kudis yang berpotensi terjadinya penyakit lebih buruk dikemudian hari. Sekarang ini, bahkan didistribusikan di antara pekerja di lingkungan tercemar seperti tungku, pabrik semen, tambang, dan lingkungan kerja yang berbahaya lainnya untuk melindungi mereka dari penyakit kudis.
  2. Perawatan kulit: Air jeruk nipis dan minyak alami yang sangat bermanfaat untuk kulit bila dikonsumsi secara oral atau diterapkan secara eksternal. Meremajakan kulit, membuat kulit bersinar, melindungi infeksi dan mengurangi bau badan karena kehadiran sejumlah besar vitamin C dan flavonoid. Ini termasuk antioksidan kelas 1, dan memiliki antibiotik dan desinfektan. Ketika diterapkan secara eksternal secara ekternal pada kulit, asam yang menggosok sel-sel mati, menyembuhkan ketombe, ruam, dan memar. Hal ini juga dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman mandi yang menyegarkan jika jeruk nipis atau minyak dicampurkan ke dalam air mandi anda.
  3. Pencernaan: Jeruk nipis memiliki aroma tak tertahankan yang menyebabkan mulut berair dan membantu pencernaan primer. Keasaman alami jeruk nipis memecah molekul makro dari makanan flavonoid, senyawa yang ditemukan dalam minyak wangi yang  diekstrak dari jeruk nipis, merangsang sistem pencernaan, empedu dan asam. Banjir flavonoid juga merangsang gerak peristaltik.
  4. Sembelit: Terutama, jumlah yang cukup dari asam dalam jeruk nipis membantu membersihkan sistem ekskretoris dengan mencuci dan membersihkan dari saluran, seperti beberapa asam digunakan untuk membersihkan lantai dan toilet. Serat dalam jeruk nipis ini juga membantu dalam mengurangi sembelit, namun unsur yang paling menguntungkan adalah keasaman yang tinggi. Air jeruk nipis dengan garam juga bertindak sebagai pencahar yang sangat baik tanpa efek samping sehingga membantu untuk sembelit.
  5. Diabetes: Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya dianggap sebagai makanan super diabetes untuk sejumlah alasan. Terutama, tingkat serat larut tinggi ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes. Jeruk nipis dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga dalam kadar glukosa, selain manfaat efek serat larut ini.
  6. Penyakit Jantung: Serat larut yang sama yang membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah mereka juga bisa membuat tekanan darah menjadi lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (kolesterol buruk). Selanjutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.
  7. Peptikum Bisul: Selain vitamin C, jeruk nipis mengandung senyawa khusus yang disebut flavonoid yang merupakan antioksidan, anti karsinogen, antibiotik, dan detoksifikasi sifat yang merangsang proses penyembuhan lambung dan ulkus oral.
  8. Gangguan Pernafasan: Minyak kaya flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongesif seperti balsem, alat penguap, dan inhaler karena kehadiran kaempferol. Dengan menggores kulit jeruk nipis dan menciumnya dapat menyembuhkan hidung tersumbat dan mual.
  9. Arthritis: Salah satu dari banyak penyebab arthritis adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat adalah salah satu produk limbah yang biasanya keluar melalui urin, tetapi sayangnya ketika terlalu banyak memproduksi, dapat membuat rasa sakit dan peradangan di pembuluh darah. Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis dimana dapat melarutkan asam urat dan meningkatkan jumlahnya untuk dikeluarkan melalui urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti-inflamasi, dan dapat digunakan untuk peradangan.
  10. perawatan mata: Sifat antioksidan pada vitamin C melindungi mata dari penuaan dan degenrasi makula. Selain itu, flavonoid membantu melindungi mereka dari infeksi.
  11. Demam: Jika seseorang menderita deman, jeruk nipis dapat menjadi sangat penting. Buah jeruk pada umumnya memiliki kualitas untuk mengurangi demam.
  12. Menurunkan Berat Badan: segelas air hangat dengan jeruk nipis adalah pengontrol berat yang sangat baik serta merupakan minuman penyegaran dan antioksidan yang baik. Asam sitrat dalam jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang sangat baik. Mengonsumsi dua gelas sehari dan lihat hasilnya yang luar biasa dalam seminggu.
  13. Gangguan Kemih: kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat desinfektan jeruk nipis juga membantu penyembuhan infeksi dalam sistem kemih.

Nah itulah tadi manfaat besar dari jeruk nipis, jadi jangan takut mengonsumsi jeruk nipis karena faktanya jeruk nipis tidak memiliki efek samping negatif.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *