Pangan Lokal Berserat Tinggi | Diet Sehat

Pangan Lokal Berserat Tinggi

Tahukah anda, salah satu penyebab dari penyakit pencernaan adalah kurangnya konsumsi serat harian seseorang. Salah satu masalah pencernaan yang paling sering dihadapi oleh seseorang baik tua,  muda, bayi hingga lanjut usia adalah kesulitan buang air besar (Susah BAB). Keadaan ini jika dibiarkan saja akan berpotensi menjadi sumber berbagai penyakit yang berbahaya buat kesehatan seperti Jantung, Stroke, Diabetes, dan banyak lagi yang awalnya bersumber dari susah BAB.

Nah, berikut kami uraikan beberapa pangan lokal alias makanan yang bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar dekat rumah kita yang bermanfaat itu, so lets check it out:

Jeruk

Jeruk adalah salah satu makanan yang kaya akan vitamin C, jeruk memiliki berbagai macam jenis, di antaranya adalah jeruk manis dan jeruk bali. Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Manfaat jeruk yang lainnya adalah dapat membantu saat susah buang air besar karena kandungan seratnya yang tinggi. Jeruk mudah didapatkan pada setiap musim (hujan atau kemarau) dan dapat dijumpai dengan mudah di setiap pasar maupun supermarket.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah favorit yang hampir setiap hari dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kedaerah mana saja di Indonesia pasti ada pisang. Pisang kaya akan kandungan kalium yang berfungsi dalam bekerjanya jantung dan otot serta kesehatan pencernaan, selain tingginya kandungan kalium, pisang juga ternyata kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Manfaat pisang yang sangat baik bagi kesehatan juga dibarengi dengan harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan di mana saja. Jadi, sehat dan ramah dikantong kan?

Apel dengan kulitnya

Apel adalah salah satu buah yang familiar dengan masyarakat sebab rasanya yang manis dan sedikit asam membuat kita selalu ingin mencicipinya. Kandungan buah apel berupa vitamin C juga membuat buah ini dapat mencegah penuaan dini. Kandungan serat buah apel yang terdapat pada kulitnya dapat membantu dalam mengatasi susah buah air besar. Jadi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsilah buah apel dengan kulitnya (tapi jangan lupa dicuci terlebih dahulu yaa)

Kismis

Kismis adalah anggur yang dikeringkan yang biasanya digunakan dalam pembuatan kue atau cake. Kismis dapat dimakan langsung maupun dicampurkan dalam makanan. Kismis kaya akan kandungan gula maupun serat yang berfungsi dalam menambah asupan serat sehari-hari seseorang. Walaupun kaya manfaat nyatanya masih banyak yang kurang menyukai kismis, tapi setelah membaca artikel ini mulai mau menyukai kismis kan?!

Beras Merah

Sumber karbohidrat satu ini biasanya identik dengan makanan bayi, makanan untuk diet, ataupun makanan untuk penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam pangan satu ini membuat yang mengkonsumsinya merasa cepat kenyang. Selain merasa cepat kenyang kandungan serat dalam beras merah berfungsi dalam melancarkan pencernaan yang terganggu (sulit bab ataupun sembelit). Walaupun rasanya yang tidak terlalu manis dan teksturnya yang agak keras dibandingkan beras biasa namun manfaat yang diperoleh dengan beras merah juga sangat besar utamanya dalam melancarkan pencernaan.

Gandum 

Gandum adalah salah satu sumber karbohidrat yang biasanya diolah menjadi tepung terigu, roti, ataupun oat. Kandungan serat pada gandum dapat mengikat lemak dalam tubuh agar keluar bersamaan dengan feses alias kotoran kita. Serat dalam gandum ini juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan, perut buncit, dan juga mengatasi susah buang air besar. Namun harus diingat, gandum adalah sumber karbohidrat juga jadi kalau dikonsumsi berlebihan juga bisa menaikkan berat badan karena karbohidrat bisa juga berubah menjadi lemak dalam proses metabolisme tubuh.

Itulah tadi beberapa bahan pangan lokal yang sangat mudah ditemui sehari-hari dan bermanfaat bagi kesehatan kita utamanya bagi pencernaan.

Nah bagaimana? Menjadi sehat itu mudah bukan?!

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *