Penyakit Kronis Tidak Bisa Disembuhkan Dengan Obat | Diet Sehat

Penyakit Kronis Tidak Bisa Disembuhkan Dengan Obat

Ada pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pasien-pasien penyakit kronis.

“Apa saya bisa sembuh tanpa minum obat?”

Mereka adalah pembaca buku saya yang berjudul Pengobatan Hipertensi: Aku Tidak Percaya Khasiat Obat Hipertensi.

Pertanyaan berikutnya hampir mirip.

“Saya bosan minum obat sejak lama. Apa saya benar-benar bisa berhenti minum obat sesuai petunjuk di buku?”

Kadang-kadang, banyak pula pasien yang menyalahkan dokter mereka.

Dunia pengobatan modern berkembang cepat seiring berkembangnya ilmu pengetahuan. Bahkan operasi menggunakan robot pun dilakukan demi menghindari terjadinya kesalahan yang dilakukan manusia. Namun, pasti ada kelemahannya. Dunia pengobatan modern bukan hanya memilih cara untuk menghilangkan masalah yang terjadi pada tubuh yang ditafsirkan secara mekanis, melainkan juga tidak mempertimbangkan kondisi dasar pasien. Mereka memilih menjalankan operasi berdasarkan “metode yang telah distandardisasi”. Dalam tahap ini, “seni pengbatan” asli untuk menyelamatkan nyawa manusia pun menjadi “pengobatan” sederhana. Perwakilan International Physicians for the Prevention of Nuclear War (IPPNW) dan peraih penghargaan Nobel perdamaian, Dr. Bernard Lown, menyampaikan pendapatnya di dalam buku yang berjudul The Lost Art of Healing. Dia berkata, “sudah 45 tahun saya mengabdi sebagai dokter. Saya menganggap bahwa ada yang hilang dalam seni pengobatan. Praktik dokter sudah menjadi komersil saat ini. Hubungan berdasarkan kepercayaan antara dokter dan pasien yang telah terbina selama 3.000 tahun pun digantikan dengan hubungan yang baru. Penyembuhan digantikan dengan ‘perawatan’ dan ‘perhatian’ digantikan dengan ‘pengelolaan’. Dokter tidak lagi mendengarkan apa yang pasien sampaikan. Posisi itu telah digantikan oleh peralatan medis. Keberadaan pasien terlupakan dalam hubungan semacam ini. Dalam mengobati pasien, dokter harus terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga tidak boleh terlalu mengandalkannya. Dengan kata lain, seni dan ilmu pengetahuan sama-sama penting bagi pengobatan. Dokter juga harus memperhatikan jiwa dan raga pasien.

Pasien-pasien penyakit kronis diberi resep obat untuk pemakaian jangka panjang. Pemberian obat itu hanya berfungsi mengontrol gejala penyakitnya tanpa memperhatikan penyebab penyakit dan kondisi pasien. Di dunia pengobatan modern, memang ada kasus pasien memerlukan rekomendasi obat atau operasi. Namun, tubuh menerima semua obat itu sebagai benda asing. Lagi pula, obat apa pun pasti mengandung racun, terutama pada organ tubuh, walaupun ada khasiatnya.

Korea merupakan negara dengan biaya termahal dibidang pengobatan di seluruh dunia. Dalam anggaran asuransi kesehatan, pos anggaran biaya pengobatan mecapai lebih dari 30%. Di Amerika, yang dunia pengobatannya sudah jauh lebih modern daripada Korea, porsi untuk biaya pengobatan hanya sebesar 10%. Biaya pengobatan yang sangat besar ini tentu membebani perekonomian negara. Selain itu, obat-obatan juga mengancam masalah kesehatan kaum manula.

Penyakit kronis tidak bisa disembuhkan dengan obat. Obat hanya meredakan gejala penyakit, tetapi tidak menyembuhkan. Untuk sembuh dari penyakit, tergantung upaya Anda mengelola diri. Metode penyembuhan yang penting hanyalah tidur yang cukup, makan yang benar, dan olahraga yang tepat, serta mengatasi kerja dan stres berlebih. Jika Anda mengesampingkan semua itu dan menganggap Anda bisa sembuh dengan obat, penyakit akan sulit disembuhkan.

Author: admin one

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *