Penyakit Yang Disembuhkan Oleh Dash Diet | Diet Sehat

Penyakit Yang Disembuhkan Oleh Dash Diet

HIPERGLIKEMIA

Keadaan gula darah mengalami kenaikan, istilah hiperglikema adalah istilah dari diabetes melitus, tanda dari hiperglikema itu sendiri adalah sering merasa haus, sering buang air seni, merasa lesu, mudah lapar, dehidrasi karena malas untuk minum.

Merasa haus, orang yang menderita hiperglikema akan merasa mudah haus karena mulut sering kering, maka waspadalah saat rasa haus selalu menimpa Anda, memang baiknya minum air sebanyak mungkin yakni 8 gelas per hari.

Sering buang air seni, ya… sering minum memang erat kaitannya dengan sering buang air seni, tetapi dalam hal ini jumlah frekuensi yang menjadi patokan.

Merasa lesu, orang yang menderita sakit ini merasa lesu karena kadar gula melonjak, penglihatan menjadi kabur, dan sebagainya.

Merasa mudah lapar, sulit makan memang tidak baik, tetapi merasa sering lapar bisa karena kadar gula yang melonjak, sebaiknya periksakan segera kadar gula darah Anda untuk memastikan apakah normal atau melebihi normal.

Dehidrasi karena malas minum, dengan terlalu sering malas minum, akan membuat Anda menjadi dehidrasi.

SINDROM CUSHING

Sindrom ini dapat terjadi oleh berbagai macam hal, seperti obesitas atau kegemukan, istilah lain dari berlebihnya hormon kortisol, ada dua tipe sindrom cushing, bergantung dari penyebabnya.

Sindrom cushing iatrogenik yang disebabkan karena overdosis pengobatan kortisol untuk kondisi-kondisi yang menyebabkan peradangan, seperti asma, artritis, dan eksem. Sindrom cushing endogen juga disebabkan kelebihan hormon kortisol yang dapat mengakibatkan tumor pada kelenjar hipofise (suatu kelenjar yang menghasilkan hormon adrenokortikotropin).

Selain itu, sindrom ini dapat menimbulkan osteoporosis atau pengeroposan tulang serta hipertensi, sindrom ini dapat menyerang baik pria atau wanita dewasa.

ASMA

Biasanya identik dengan kesukaran dalam bernapas, ini terjadi karena ketika pesakit diserang asma, peradangan pada selaput dinding udara menyebabkan bronkiol didalam paru-paru menjadi sempit. Penderita asma biasanya bersiul saat tidur, ketika otot mengejang saluran udara ikut mengecil dan menghalang pernapasan dan apabila hal ini terjadi cukup lama, maka akan menyebabkan si pesakit pingsan.

Penderita asma biasanya juga dibarengi dengan hipertensi, selain itu asma juga bisa membuat stres, susah tidur, pusing-pusing, nafsu makan menurun, dan emosi yang tidak terkendali.

Pola kerja asma dan hipertensi

Saat asma, maka pikiran pun akan terganggu, stres dan hormon metabolisme menjadi tidak stabil dan memengaruhi emosional penderita, jika sudah begitu insomnia pun melanda, maka akan terjadi komplikasi hipertensi.

Biasanya penyakit asma ini 50 % akan sembuh dengan sendirinya, tetapi 60% akan menurun pada anak cucunya atau bisa juga disebabkan oleh polusi.

Jadi, sebisa mungkin hindari polusi yang mengandung toksin karena jika paru-paru sudah terserang, maka asma pun berlanjut, disarankan agar menggunakan masker saat bepergian jauh.

Lingkungan yang kurang bersih pun dapat menimbulkan asma, dinilai dari ilmu kesehatan lingkungan, lingkungan masuk dalam sumber penyakit (host,agent,dan environment).

Host, yakni manusianya, dilihat dari kebersihan diri individu dalam pola hidup sehat.

Agent, yakni bisa nyamuk, lalat, dan lain-lain. Yang berperan sebagai perantara.

Environment, yakni lingkungan yang kotor atau kurang sehat sangat berpeluang bagi menyebarnya virus penyakit, termasuk salah satu dampaknya asma.

Dasar permasalahan pada penyakit asma itu sendiri terletak pada kelainan saluran pernapasan yang disebabkan oleh paparan debu.

HIPOTALAMUS

Suatu penyakit yang terletak dibawah thalamus dan tepat diatas batang otak sehingga semua vertebrata otak berisi hipotalamus. Fungsi dari hipotalamus itu sendiri memainkan peran sebagai kontrol proses metabolisme dan kegiatan lainnya pada sistem saraf otonom.

Hipotalamus identik dengan penyintesisan serta pengeluaran neurohormones, dengan pelepasan hormon ini membantuu mengontrol serta mengatur sekresi pada hormon hypofisis. Hipotalamus berisi sejumlah besar inti dan serat traktat.

Pada sel-sel dua inti utama menyekresikan fasopresin, dua besar inti adalah supraoptik dan parafentricular. Kerusakan pada hipotalamus menyebabkan kondisi yang mana gagal ginjal untuk menghemat air dan kondisi ini disebut diabetes insipidus.

BATU GINJAL

Tahu nggak sih… Dash diet juga dapat menyembuhkan batu gunjal lhoo… yuk kita simak sama-sama..

Dari berbagai studi penelitian yang dilakukan pada health proffessionals, nurse health studi 1 dan 2 ternyata dash diet efektif sebagai penembuh batu ginjal, karena melihat dash diet ini memang kaya akan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu, gandum, rendah akan daging merah, serta rendah akan minuman manis, selain itu juga kandungan sitrat yang dapat mencegah batu kalsium pada ginjal. So, strateginya adalah:

  • Makan lebih banyak buah dan sayur.
  • Membuat target makan 4 menu buah dan sayur utuk setiap harinya.
  • Hindari makanan dengan kandungan sodium yang tinggi atau terlalu asin karena banyak garam yang berlebihan.
  • Silakan untuk menambah rasa manis pada minuman atau makanan Anda, tetapi lebih baiknya kurangi.
  • Alternatif makanan dari gandum boleh juga buat dicoba.

Hm… lalu kapan makan enak ya? Tenang… dash diet boleh kok makan ayam, ikan, ataupun kalkun dalam jumlah yang banyak.

Jenis batu ginjal nih ada batu kalsium dan buah asam urat keduanya ini berhubungan dengan asupan makanan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam hal ini, diantaranya:

  • Tingkatkan asupan cairan, minum 2 liter per hari.
  • Jika tinggal didaerah tropis tambahkan asupan cairan minuman berlipat-lipat agar mendapatkan cairan yang cukup.
  • Nah… kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

Batasi diet yang kaya oksalat, lalu apa saja makanan yang mengandung kadar oksalat itu sendiri sih? Dalam penelitian, kadar oksalat ditemukan pada beberapa jenis makanan, diantaranya cokelat, kacang-kacangan, bayam, bit, serta teh hitam.

Kadar kalsium yang tinggi dapat bergabung dengan oksalat dan fosfor untuk membentuk batu ginjal. Untuk takaran garam yang sering direkomendasikan memang tidak boleh dari satu sendok teh dalam sehari, penyebab rasa juga dihindari, sodium bikarbonat, serta baking powder.

Pada penderita batu ginjal, makanan yang harus dihindari seperti bit, kacang almond, ubi jalar, dan bayam. Sebuah studi kasus yang dilkaukan Willis dan rekan-rekannya, yang memantau 41 orang yang membatasi diri pada salah satu dash diet atau rendah oksalat selama delapan minggu. Mereka yang menjalankan dash diet ini memangkas risiko terkena batu ginjal sebesar 35 persen, sementara mereka yang tidak menjalankan dash diet hanya memangkas risiko sebesar 14 persen.

Gejala Batu Ginjal

Lalu apa saja gejala batu ginjal itu? Berikut ini ciri-cirinya:

  • Nyeri pada punggung dan samping.
  • Rasa sakit yang menjalar pada paha atau testis.
  • Sulit menemukan rasa tidak nyaman.
  • Rasa sakit pada perut bagian bawah.
  • Mual dan muntah.
  • Terdapat kencing darah.
  • Sering buang air kecil.
  • Terkena infeksi.
  • Demam disertai menggigil.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Urin sangat keruh dan berbau busuk.

Jika sudah diketahui gejalanya, lalu bagaimana dengan pencegahannya?

Minumlah 2 liter atau lebih air putih per hari

Minumlah 2 liter atau lebih air putih setiap harinya, hal ini akan memperlancar batu ginjal menjadi tergesur air sehingga akan terbawa saat buang air kecil.

Membatasi vitamin C

Membatasi vitamin C, 2 gram per hari, mungkin dikonversi menjadi oksalat dalam tubuh.

Kurangi asupan garam

Kurangi asupan garam 2.400 mg per hari karena kadar garam yang jumlahnya lebih tinggi akan meningkatkan kadar kalsium berlebih dalam urin.

Perbanyak sayuran dan buah-buahan

Perbanyak sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi asupan protein hewani. Ada baiknya ganti dengan protein nabati.

Hindari obesitas.

Obesitas cenderung memiliki kadar yang mampu memicu batu ginjal lebih banyak, maka dari itu lebih baiknya tetap jaga berat badan Anda.

Peran Olahraga Pada Batu Ginjal

Menurut penelitian pada jurnal Amerika Society of Nephrology bahwa jogging selama 1 jam atau berjalan  3 jam selama seminggu dapat mengurangi risiko batu ginjal hingga 31 persen. Selain itu para peneliti lain juga menemukan hal yang sama pada wanita menopause, sejumlah 84 ribu wanita, mereka yang melakukan aktivitas fisik bisa membantu mencegah batu ginjal. Pada dasarnya olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bukan hanya untuk masalah diet. Sebenarnya olahraga sudah harus menjadi bagian dari kebiasaan wajib yang dilakukan, dan menggolongkan menjadi bagian dari gaya hidup Anda. Tidak ada salahnya jika hal itu Anda lakukan, mengingat begitu banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahraga tersebut.

Olahraga dan rokok

Dengan melakukan olahraga juga dapat membantu Anda yang aktif merokok menjadi berkurang, dengan berolahraga otak pun akan lebih fresh dalam menentukan langkah, maka akan memengaruhi untuk memilih gaya hidup sehat tanpa merokok. Berolahraga juga merupakan terapi secara alami untuk tubuh Anda yang mampu mendorong energi positif.

Rokok dihindari karena kandungannya yang sangat berbahaya, terdapat 21 jenis racun yang terkandung dalam rokok dan mampu memberikan berbagai jenis penyakit dalam satu raga, seperti kanker, jantung, paru-paru, serta penyakit berat lainnya.

Jadi, mulai sekarang memilih sehat atau memilih risiko untuk sakit dikemudian hari…? Anda sendiri yang akan menentukannya.

Author: admin one

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *