Peran Minyak Zaitun | Diet Sehat

Peran Minyak Zaitun

Peran Minyak Zaitun Dalam Mediterranean Diet

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh, itu sebabnya minyak zaitun juga masuk daftar rekomendasi di setiap program diet. Dalam minyak zaitun itu banyak terdapat senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan dan toksin, senyawa aktif itu adalah fenol, tekoferol, pigmen, squalene, yang memegang peran penting dalam kesehatan.

Secara umum minyak zaitun mempunyai kandungan vitamin E dosis tinggi, betakaroten atau vitamin A, vitamin K, flavonoid, dan senyawa phenolic, vitamin A, vitamin B1, B2, C, D, E, dan zat besi.

Secara ilmiah kandungan minyak zaitun berupa :

  • Squalene yakni cairan eter organik yang bermanfaat sebagai imun manusia.
  • Polifenol yakni zat antioksidan yang akan menjadikan perubahan rasa, menjadi lebih padat, tajam dan keras.

Jenis minyak zaitun itu sendiri terbagi mejadi beberapa, yaitu:

Extra virgin olive oil, minyak ekstra ini berasal dari perasan pertama buah zaitun, yang juga mengandung jumlah vitamin dan nutrisi tinggi tanpa bahan tambahan kimia dengan tingkat asam oleatnya kurang dari 1%, sangat alami dan memiliki rasa serta aroma yang seimbang sehingga sangat cocok untuk campuran masakan, seperti salad dressing atau sebagai campuran roti.

Virgin olive oil, diperoleh dari hasil olahan tahap kedua dengan tingkat keasaman kurang dari 2%, dengan rasa yang baik dan lebih kuat.

Pure olive oil, campuran dari refined dan virgin oil, dengan sedikit kandungan vitamin E, dengan tingkat keasamannya juga kurang dari 2%.

Lite olive oil, hanya mengandung jumlah kecil virgin oil-nya saja, rasa dan warnanya pun sangat ringan, tetapi jumlah kalori yang terkandung sama dengan jumlah kalori minyak zaitun lainnya.

Peran Ikan

Berbicara mengenai ikan, sangat populer diseluruh lapisan masyarakat, kandungan ikan yang kaya akan vitamin untuk mata dan otak hingga sangat dianjurkan dalam daftar diet ini. Selain itu, dengan rasa dan aroma yang sangat lezat cocok digunakan sebagai makanan sehari-hari. Untuk mengolah ikan yang sehat, dapat direbus, dipanggang, atau dikukus.

Manfaat dari mengonsumsi ikan itu sendiri diantaranya:

  • Jantung, arteri, dan vena yang membentuk sistem kardiovaskular, asam lemak omega 3 yang secara alama menjaga ketiga fungsi organ vital tubuh. Mencegah trigliserida yang berlebih, meningkatkan HDL (kolesterol baik), mencegah pembekuan darah. Studi dari Harvards School of Public Health menyimpulkan bahwa makan dua porsi ikan dalam seminggu dapat mengurangi 3 kali lipat risiko kematian akibat penyakit jantung.
  • Menurunkan hipertensi.
  • Menurunkan berat badan, penelitian yang dilakukan University of Georgia, minyak ikan mengandung DHA yang membantu menghentikan konvensi prasel lemak kedalam sel lemak sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan.
  • Menekan risiko kanker, tiga jenis kanker yang umum diderita dan kita semua tahu yakni kanker payudara, kolon, dan prostat.
  • Meningkatkan fungsi otak, sangat populer bahwa ikan erat hubungannya dengan fungsi otak. Masyarakat sangat percaya bahwa mengonsumsi minyak ikan dan ikan akan menambah nafsu makan serta mencerdaskan otak, biasanya  ini dilakukan oleh orang tua yang menginginkan sang anak menjadi lebih sehat dan pintar. Asupan omega 3 yang tepat mampu membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan juga orang dewasa.
  • Melawan peradangan karena memiliki sifat anti-inflamasi (omega 3, terkhusus EPA) mebantu  mengurangi radang sendi, prostat, dan kandung kemih.
  • Menyehatkan mata, kita semua setuju bahwa ikan memang bermanfaat untuk kesehatan mata. Namun, tepatnya mata pada bagian tengah retina, mencegah glukoma serta sindrom mata kering.
  • Perawatan kulit, ternyata ikan mampu mencegah keriput pada kulit dan menunda proses penuaan pada kulit, bahkan suplemen yang mengandung ikan mampu menjaga kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.
  • Anda depresi. Sudah menjadi mitos publik, obat stres atau depresi adalah cokelat, tetapi ternyata ikan pun mampu mengatasi masalah ini. Namun, jika cokelat masih ada rasa kekhawatiran akan kandungan gula yang mampu menaikkan berat badan dan kadar glukoma pada tubuh sehingga yang akan terjadi rentetan jangka panjangnya atau komplikasi penyakit yang akan diderita jika mengonsumsi coklat secara rutin. Karena pada fakta akan nyandu saat gigitan pertama, rasa dan aroma yang begitu menggugah selera membuat ingin memakannya secara terus menerus hal ini yang akan mengakibatkan kenaikan badan dan lai-lain.

Berikut merupakan kandungan gizi berbagai jenis ikan per 100 gramnya, sebagai berikut:

Ikan Salmon

Kalori: 116

Protein: 19,9 gr

Lemak: 3,45 gr

Kolesterol: 52 mg

Zat besi: 0,77 mg

Ikan Tenggiri

Kalori: 112

Protein: 21,4 gr

Lemak: 2,3 gr

Kolesterol: 33 mg

Zat besi: 0,9 mg

Ikan Tongkol

Kalori: 111

Protein: 24 gr

Lemak: 1 gr

Kolesterol: 46 mg

Zat besi: 0,7 mg

Ikan Kakap

Kalori: 112

Protein: 21,9 gr

Lemak: 1 gr

Kolesterol: 46 mg

Zat besi: 0,7 mg

Ikan Kembung

Kalori: 112

Protein: 21,4 gr

Lemak: 2,3 gr

Kolesterol: 33 mg

Zat besi: 0,9 mg

Ikan Bawal

Kalori: 84

Protein: 18,2 gr

Lemak: 0,7 gr

Kolesterol: 44 mg

Zat besi: 0,4 mg

Ikan Bandeng

Kalori: 84

Protein: 14,8 gr

Lemak: 2,3 gr

Kolesterol: 58 mg

Zat besi:  0,3 mg

Ikan Cue

Kalori: 74

Protein: 13 gr

Lemak: 2 gr

Kolesterol: 50 mg

Zat besi: 0,3 mg

Ikan Belut

Kalori: 112

Protein: 21,4 gr

Lemak: 2,3 gr

Kolesterol: 33 mg

Zat besi: 0,9 mg

Ikan Mas

Kalori: 130

Protein: 21,4 gr

Lemak: 5,8 gr

Kolesterol: 67 mg

Zat besi: 1,3 mg

Ikan  Lele

Kalori: 84

Protein: 14,8 gr

Lemak: 2,3 gr

Kolesterol: 58 mg

Zat besi: 0,3 mg

Ikan Wader

Kalori: 84

Protein: 18,2 gr

Lemak: 0,7 gr

Kolesterol: 44 mg

Zat besi: 0,4 mg

Ikan Mujair

Kalori: 84

Protein: 18,2 gr

Lemak: 0,7 gr

Kolesterol: 44 mg

Zat besi: 0,4 mg

Dari daftar komposisi zat gizi pada ikan diatas dapat kita simpulkan bahwa ikan sangat baik bagi Anda yang ingin diet secara sehat dan lezat.

Ada beberapa kandungan zat gizi serta manfaat yang terdapat pada ikan segar, diantaranya:

  • Omega 3, berfungsi sebagai proses perkembangan otak dan pada ibu hamil ikan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak pada janin serta fungsi saraf penglihatan pada bayi, ikan juga sangat mudah dicerna oleh organ tubuh karena kaya akan serat dan protein, asam amino seperti taurine yang sangat penting baik untuk merangsang pertumbuhan sel otak pada balita.
  • Vitamin A, yang bermanfaat bagi mata serta mencegah terjadinya kebutaan.
  • Vitamin D, untuk pertumbuhan serta memperkuat tulang.
  • Vitamin B6, sebagai metabolisme asam amino.
  • Vitamin B12, sebagai produksi sel darah merah, metabolisme lemak, dan melindungi jantung serta melindungi kerusakan saraf.
  • Zat besi, yang mudah diserap.
  • Yodium, sebagai pencegah gondok.
  • Selenium, sebagai antioksidan radikal bebas.
  • Seng, enzim, dan hormon.
  • Fluor, memperkuat dan mencegah kerusakan pada gigi.

Minyak ikan/DHA sangat membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan. Mengonsumsi asupan kapsul yang mengandung minyak ikan diikuti dengan berolahraga akan lebih cepat menurunkan berat badan dan mengurangi lemak.

Author: admin one

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *