Persediaan Dan Permintaan Hormonal | Diet Sehat

Persediaan Dan Permintaan Hormonal

Hormon anda adalah pembawa pesan kimia –

– yang mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan di seluruh tubuh. Tujuan utama dari sistem endokrin adalah mempertahankan homeostatis sehingga tubuh memiliki cukup – tapi tidak terlalu banyak – insulin, tiroid, dan sebagainya untuk membuat seluruh operasi¬ berfungsi dengan baik.

Ketika kadar hormon tertentu turun, atau tubuh berpikir ia perlu lebih banyak dengan alasan apapun, kelenjar terpicu.

Hormon yang dilepaskan kemudian berjalan melalui aliran darah menuju ke resptor spesifik pada jaringan dan organ-organ diseluruh tubuh. Setiap hormon cocok dengan reseptor seperti kunci yang pas dengan gerendel. Ketika mereka “klik” mereka mengaktifkan proses tubuh seperti lapar, haus mencerna, membangun otot, menyimpan lemak, menstruasi, dan hasrat seksual. Anda tinggal sebut saja, hormon akan mengendalikannya. Setelah aksi selesai, homeostatis dikembalikan – meskipun sementara – dan seluruh proses dimulai kembali.

Masalah dimulai ketika kita memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tertentu dalam tubuh. Mungkin kelenjar anda berlebihan memproduksi hormon, mungkin reseptor pada sel rusak dan tidak terikat dengan hormon seperti seharusnya. Mungkin organ dalam tubuh anda tidak bekerja dengan benar, misalnya hati atau ginjal, dan tingkat hormon yang beredar dalam tubuh anda menjadi terlalu tinggi. Atau mungkin sistem endokrin anda menerima sinyal membingungkan, mirip hormon dari racun dalam makanan atau lingkungan, dan dengan keliru tubuh melepaskan hormon yang salah untuk menanggapinya. Ketika “badai” hormon seperti ini melanda tubuh anda, semua peraturanpun dilanggar.

Beberapa kelenjar menjadi terlalu bersemangat dan berlebihan memproduksi, beberapa kelelahan, dan gagal seluruhnya. Dalam dunia sekarang ini, masalah endokrin ini hampir selalu terjadi karena faktor gaya hidup dan lingkungan.
“makanan” yang kita makan sekarang tidak memberikan apa yang dibutuhkan hormon untuk tetap seimbang. Zat-zat kimia dan racun dari lingkungan mengirimkan sinyal-sinyal ke tubuh kita dan membuat tubuh memproduksi hormon lebih banyak atau lebih sedikit dari normal. Para “pengganggu endokrin” ini adalah senyawa-senyawa yang bertingkah seperti hormon, menipu tubuh sehingga bereaksi (dan seringkali bereaksi berlebihan) terhadap sinyal-sinyal mereka, serta mengacaukan fungsi sistem endokrin yang normal atau sehat. Kita akan membicarakan penggangu endokrin yang paling umum dan bagaimana mereka berdampak pada metabolism kita. Namun, saat ini ketahuilah bahwa ketika hormon-hormon anda terganggu, tak hanya kesehatan yang dipertaruhkan, fungsi-fungsi pengendalian berat badan yang penting pun dapat melambat atau berhenti sama sekali.
Itulah sebabnya kita akan menyingkirkan sebanyak mungkin pengganggu endokrin eksternal ini. Sistem distribusi hormon anda akan bekerja dengan lancar lagi, dan kelenjar-kelenjar serta reseptor-reseptor anda tak akan mogok lagi. Kita akan mendapatkan tubuh anda kembali sebagai pembentuk otot, pembakar lemak, serta tetap sehat dan bahagia.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *