Rahasia Umur Panjang Orang Jepang | Diet Sehat

Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

Senang dan selalu mengkonsumsi sayuran dan sashimi.

Itulah yang dikonsumsi oleh orang jepang, dan hal itu membantu mereka untuk hidup lebih lama. Sebuah penelitian besar yang diikuti sekitar 80.000 orang selama 15 tahun – yang mengikuti saran diet pemerintah jepang – menunjukkan bahwa orang jepang 15% memiliki angka kematian yang lebih rendah. Dan hal ini mungkin saja karena mereka mengkonsumsi ikan, dan tanaman dalam dietnya.

Rata-rata, perempuan jepang memiliki angka harapan hidup hingga 87 tahun sedangkan pria jepang memiliki angka harapan hidup sekitar 80 tahun. Fakta ini menunjukkan bahwa perempuan jepang memiliki angka harapan hidup terbaik di dunia.

Pertanyaan kemudian, Mengapa mereka memiliki umur yang panjang dibandingkan yang lainnya?

Tidak seperti rekomendasi diet di US, pedoman diet yang direkomendasikan di Jepang adalah 5-7 porsi biji-bijia; 5-6 porsi sayuran; 3-5 porsi ikan, daging, atau protein lain; 2 porsi produk susu; 2 porsi buah; dan snack serta alkohol dalam level sedang (Dan banyak dari partisipan, utamanya perempuan, rutin meminum teh hijau)

Jika ini terdengar familiar, pedoman ini hampir sama dengan diet mediteranian, dimana menekankan pada buah, sayuran, lemak baik, dan kacang-kacangan – dan juga menunjukkan peningkatan harapan hidup. Sementara pedoman mereka tidak secara eksplisit merekomendasikan makanan berfermentasi, Jepang tentu mengkonsumsi banyak bahan yang ramah usus (dari miso ke plum umeboshi).

Sementara itu, 87 persen orang Amerika tidak mengikuti pedoman rekomendasi diet seperti sayuran, yang hanya 2,5 cangkir per hari. Pemerintah AS merekomendasikan 3 cangkir susu per hari, 2 cangkir buah, 2 sendok makan minyak, 6 ons biji-bijian, dan 5,5 ons protein.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *