Rasa Sakit Saat Lapar (Hunger Pangs) | Diet Sehat

Rasa Sakit Saat Lapar (Hunger Pangs)

Rasa sakit karena lapar, atau sering dikenal dengan hunger pangs, terjadi akibat iritasi pada lapisan lambung. Ketika perut kosong setelah mencerna makanan, dinding lambung bersentuhan dan bergesekan satu sama lain. Jika perut dalam kondisi normal, gesekan itu tidak menyebabkan apa pun. Akan tetapi, untuk perut yang kosong gesekan tersebut menimbulkan rasa nyeri dan sensasi seperti digerogoti.

Rasa sakit karena lapar (hunger pangs), bukanlah lapar yang sesungguhnya. Rasa ini adalah salah satu bentuk dari kelaparan palsu dan menjadi penyebab utama obesitas karena menimbulkan keinginan untuk makan meskipun saat tidak ada kebutuhan makan. Bahkan, jika seseorang yang merasakan hunger pangs meneruskan nafsunya untuk makan, iritasi perut semakin parah karena organ pencernaan tidak sempat beristirahat. Hal ini menyebabkan iritasi terjadi berulang, keinginan makan tak kunjung hilang, dan akhirnya kelebihan berat badan.

Hunger pangs sering kali terasa diwaktu yang tidak tepat, terutama sebelum makan siang atau makan malam, merusak nafsu makan. Rasa sakit ini bahkan bisa menyerang pada malam hari atau sesudah makan siang. Saat seperti itu, apa yang Anda lakukan? Tentu saja Anda langsung berburu makanan dan, pilihan makanan yang disukai saat ‘kelaparan’ seperti itu, adalah gorengan, keripik atau makanan manis. Nah, jika Anda sungguh-sungguh berniat meningkatkan metabolisme, menurunkan berat badan, dan hidup sehat.

TIPS UNTUK MENGONTROL RASA SAKIT SAAT LAPAR

Agar saat lapar tidak terasa sakit, berikut ini tips untuk mengontrol hunger pangs.

Tidur Nyenyak

Kurang tidur secara otomatis meningkatkan keinginan untuk makan. Fakta tersembunyi dibalik kurang tidur dan rasa lapar; Bila Anda kurang tidur, hormon melatonin akan ‘menghasut’ nafsu makan Anda menggila.

Jangan Biarkan Hasrat Emosional Menjadi Alasan

Singkirkan gagasan bahwa makanan dapat menghilangkan perasaan tidak bahagia dan menenangkan saat mengalami krisis emosional. Itu hanya akan menambah berat badan Anda dan lebih lanjut, melempar Anda pada jurang depresi. Saat sesuatu terjadi di ‘hati’ Anda hingga Anda berkeinginan melenyapkannya dengan sepiring donat cokelat atau semangkuk es krim, segera alihkan pikiran!

Mengunyah Makanan Dengan Perlahan

Saat makan makanan lezat, kita cenderung lupa untuk mengunyah secara perlahan. Anda mungkin mengira saran ini dimaksudkan khusus untuk seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan saja. Anda salah! Saran ini berguna untuk semua orang. Makan perlahan membantu Anda mengurangi porsi makan dan membantu Anda menghindari jenis makanan yang berbahaya.

Sarapan Membantu Mengontrol Rasa Lapar

Lagi-lagi, saran untuk TIDAK meninggalkan sarapan. Ya, sarapan memang dianggap sebagai makanan terpenting dalam satu hari. Coba ingat apa yang terjadi ketika Anda lupa sarapan: hari Anda mulai dibayangi oleh makanan-makanan berlemak tak sehat. Sekantung keripik dan sepiring hamburger seolah mengejek Anda, menghantui Anda sepanjang hari, mulai pukul 10 pagi. Melewatkan sarapan adalah tindakan paling konyol saat Anda bermaksud menurunkan berat badan.

Banyak Minum

Air putih, buah berkandungan air tinggi, dan sayuran dapat membantu mengurangi rasa lapar. Rasa haus sering kali disalahartikan sebagai kelaparan karena gejalanya yang mirip. So, stay hydrated! 

Protein Penyelamat

Protein adalah senjata utama untuk membunuh rasa lapar. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi membantu menekan rasa lapar. Unggas dan ikan adalah sumber protein yang paling disarankan. Untuk vegetarian, protein dapat diperoleh dari kacang-kacangan, tahu dan yogurt.

Jangan Melewatkan Waktu Makan

Benar, meskipun diet Anda bertujuan menurunkan berat badan, jangan sekali-sekali Anda melewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan sama saja artinya dengan ‘mengundang’ rasa lapar dan makan dengan porsi besar.

Makan Snack Sehat Diantara Waktu Makan

Agar rasa kenyang tetap terjaga, silakan makan sesuatu yang sehat diantara waktu makan. Buah-buahan, produk susu rendah kalori, dan sup sayuran sehat dapat menjadi pilihan terbaik.

Tambahkan Rasa Pedas Dalam Makanan Anda

Makanan pedas dapat mempercepat metabolisme dan menekan rasa lapar. Tetapi, jangan sampai overdosis karena dapat mengganggu saluran pencernaan Anda.

Olahraga Dengan Teratur

Ingat, kebugaran dan tubuh sehat dapat diperoleh dengan pengaturan 80% pola makan sehat dan 20% olahraga teratur. Tanpa makanan yang tepat, olahraga hanya akan membuat rasa lapar meningkat. Tanpa olahraga teratur, pengaturan pola makan hanya akan sia-sia. Oleh karena itu, buatlah perencanaan yang tepat mengenai kombinasi diet dengan olahraga.

Author: admin one

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *