Pentingnya Makanan Tinggi Serat Saat Puasa | Diet Sehat

Pentingnya Makanan Tinggi Serat Saat Puasa

Puasa, selain bertujuan untuk beribadah, juga secara tidak langsung bertujuan untuk menyingkirkan semua akumulasi puing-puing dan racun dalam tubuh.

Puasa memiliki manfaat terutama sebagai pembersihan internal tubuh manusia (colon cleanser). Gaya hidup modern kita dengan semua konsekuensi yang telah menyebabkan racun dan polutan yang secara tidak sengaja tertelan tanpa kita ketahui. Banyak masalah kesehatan kecil dan besar telah meningkat karena hal ini. Sistem pencernaan akan beristirahat selama puasa dan tubuh melakukan ekstraksi limbah dan racun dari jaringan dan sel-sel.

Sekarang apa yang harus diingat adalah tubuh membutuhkan energi untuk melakukan proses ini dan karena itu tidak semua orang bisa berpuasa secara acak. Selama berpuasa, kita harus meperhitungkan semua protein, mineral, da vitamin karena tujuan anda adalah untuk menyingkirkan unsur-unsur buruk dalam sistem sehingga tubuh tidak kekurangan nutrisi.

Serat adalah pemain yang sangat penting dalam seluruh urusan pembersihan dan pencernaan. Kita sering mendengar banyak yang berbicara tentang serat, tapi apa sebenarnya serat itu? Menurut definisi, serat atau fiber adalah zat hampir dicerna yang ditemukan terutama di lapisan luar tanaman.

Pentingnya serat terletak pada kemampuannya untuk:

  1. Mempengaruhi proses pencernaan dari awal sampai akhir
  2. Serat  mensyaratkan bahwa makanan harus dikunyah secara menyeluruh sehingga proses makan melambat.
  3. Serat membuat anda merasa kenyang
  4. Pencernaan dan penyerapan diperlambat oleh serat sehingga masuknya glukosa makanan ke dalam aliran darah melambat dan gula darah disimpan secara stabil.
  5. Serat dipecah di usus besar
  6. Serat berperan dalam menjaga feses tetap lembut dan isi usus bergerak dengan lancar.

Beberapa makanan yang kaya serat alami, roti gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan tapi dedak adalah satu-satunya yang memiliki kandungan serat tertinggi sekitar 25% sampai 45%. Faktanya, serat hanya ditemukan dalam sumber nabati atau tumbuh-tumbuhan saja. produk hewani tidak mengandung serat apapun, bahkan dalam kulit telur, tulang, dan bagian kenyal hewan.

Ada dua jenis serat dan serat ini bertindak secara berbeda dalam tubuh kita.

pertama, serat tidak larut air, serat jenis ini bagus untuk pelancar usus, serat ini termasuk pektin, gums, selulosa dan hemiselulosa. Disisi lain, serat larut air memiliki efek positif pada kimia tubu karena membantu menurunkan kolesterol dan gula dalam darah.

Sekarang kita menyadari apa serat, apa yang dilakukan dan bagaimana hal itu membantu sistem pencernaan, memberikan kita ide yang baik untuk mengetahui mengapa serat tidak dapat diabaikan dalam keseharian kita.

Selama puasa, jus sayuran, menjadi sumber yang kaya serat, membantu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh sehingga tubuh tidak kelaparan. Serat juga membantu dalam pekerjaan tubuh menghilangkan racun dan polutan lainnya. Sehingga tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat dalam menjalankan puasa.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *