Tiga Langkah Turunkan Berat Badan secara Sains | Diet Sehat

Tiga Langkah Turunkan Berat Badan secara Sains

Banyak cara menurunkan berat badan dengan cepat. meskipun, kebanyakan diantaranya malah membuat lapar atau tidak puas. Jika Anda tidak memiliki mental baja, maka lapar hanya akan membuat Anda menyerah pada rencana penurunan cepat ini.

secara garis besar, inilah langkah yang dilakukan:

  • mengurangi nafsu makan secara signifikan.
  • membuat penurunan berat badan tanpa lapar.
  • mengimprove kesehatan metabolisme bersama-sama.

Mengurangi gula dan Karbohidrat

Bagian paling penting adalah mengurangi gula dan karbohidrat. Kebanyakan jenis makanan yang ada menstimulasi sekresi insulin. Jika Anda belum tahu, insulin adalah hormon penyimpan lemak terbesar dalam tubuh. Ketika insulin menurun, penyimpanan lemak dengan mudah digunakan dan tubuh mulai membakar lemak dibandingkan karbohidrat.

manfaat lain dari rendahnya insulin adalah ginjal mengeluarkan kelebihan sodium dan air dari tubuh, yang mana mengurangi kembung dan kelebihan air yang tidak digunakan.

Hal ini dapat menurunkan berat badan hingga 4 kilogram (terkadang lebih) pada minggu pertama dengan cara makan seperti ini, lemak tubuh dan berat air yang berkurang.

berikut grafik dari studi perbandingan diet rendah karbo dan diet rendah lemak pada wanita overweight/ obesitas

Grup dengan diet rendah karbohidrat makan hingga kenyang, sementara diet rendah lemak adalah pembatasan kalori dan lapar. Mengurangi karbohidrat, menurunkan insulin dan Anda akan mulai makan sedikit kalori secara otomatis dan tanpa lapar. Secara sederhana, menurunkan insulin membuat kita kehilangan lemak secara otomatis.

Konsumsi Protein, Lemak dan Sayuran

Setiap makanan yang dikonsumsi harus mencakup sumber protein, lemak, dan sayuran rendah karbohidrat. Menyusun makanan dengan cara ini secara otomatis membuat asupan karbohidrat ke level yang direkomendasikan yaitu sekitar 20-50 gram/hari.

sumber protein diantaranya: daging, ayam, ikan, udang, cumi-cumi, telur, dan sebagainya. Sangat penting diingat saat konsumsi protein adalah tidak boleh berlebihan. Diet tinggi protein dapat juga mengurangi obsesi tentang makanan sebanyak 60%, mengurangi nafsu makan tengah malam, dan membuat kenyang secara otomatis hingga kurang dari 441 kalori perhari. Makanya tambahkan protein pada menu diet Anda. Jika ingin mengurangi berat badan, protein adalah rajanya nutrisi.

sumber sayuran rendah karbohidrat: bayam, brokoli, kol, selada, mentimun, seledri, dan lain-lain. Jangan takut memenuhi piring Anda dengan sayuran ini. Anda dapat memakannya dengan porsi yang banyak tanpa meningkatkan asupan karbohidrat lebih besar. Diet yang berdasarkan pada daging dan sayuran mengandung semua serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan kesehatan. Tidak ada kebutuhan psikologis untuk biji-bijian pada diet ini.

sember lemak: minyak zaitun, minyak kelapa, minyak avocade dan butter. Makan 2-3 porsi sehari. Jika Anda lapar di sore hari tambahkan cemilan tanpa lemak. Jangan takut mengkonsumsi lemak, mencoba kedua diet, rendah karbohidrat dan rendah lemak pada satu waktu adalah resep kegagalan. Itu akan membuat Anda merasa tidak bahagia dan tidak terkontrol pada rencana.

Lemak terbaik yang digunakan memasak adalah minyak kelapa. Ini kaya akan lemak yang disebut Medium Chain Triglycerides (MCTs). Lemak ini membuat anda lebih puas dibandingkan yang lain dan dapat mempercepat metabolisme agar langsing. Tidak ada alasan untuk takut pada lemak alami, studi terbaru menunjukkan bahwa lemak saturasi tidak meningkatkan risiko penyakit jantung dan lainnya.

Latihan Angkat Beban 3 Kali Seminggu

Anda tidak membutuhkan latihan ini untuk menurunkan berat badan, tapi hal ini direkomendasikan. Pilihan terbaik adalah pergi ke gym 3-4 kali seminggu. Lakukan pemanasan, angkat beban, kemudian stretch (latihan lengan). Jika Anda baru ke gym, tanyakan kepada trainer cara melakukannya.

Dengan angkat beban, Anda akan membakar beberapa kalori dan mencegah metabolisme berjalan lambat, yang mana hal ini masuk akal sebagai efek samping dari penurunan berat badan. Studi pada diet rendah karbohidrat menunjukkan Anda dapat mendapatkan sedikit otot sementara lemak tubuh berkurang secara signifikan. Jika mengangkat beban bukan pilihan yang baik bagi Anda, maka lakukan latihan kardio ringan seperti berlari, berenang, atau berjalan cepat.

 

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *