Tips Jitu Tampil Prima Saat Berpuasa | Diet Sehat

Tips Jitu Tampil Prima Saat Berpuasa

Dalam menyambut bulan puasa, banyak cara yang dapat dilakukan untuk tetap prima selama menjalankan puasa. Mulai dari persiapan mental untuk bangun sahur dan juga berpuasa selama 13 jam, juga persiapan fisik untuk tetap melaksanakan kegiatan atau rutinitas harian sama seperti hari biasanya. Lalu bagaimana cara tampil prima saat berpuasa? Berikut dietsehat akan paparkan.

  1. Perhatikan kebutuhan nutrisi. Pada saat kita berpuasa, banyak energi yang akan dibutuhkan sementara selama 13 jam tidak ada asupan apapun yang kita konsumsi. Maka dari itu menyiapkan diri dengan nutrisi yang baik jauh sebelum memasuki bulan puasa sangat mutlak dilakukan.
  2. Biasakan mengonsumsi makanan utuh. Makanan utuh adalah makanan yang belum melalui proses pengolahan apapun sehingga kesegarannya tetap terjaga. Makanan utuh termasuk sayuran segar, buah-buahan segar, ikan dan daging yang tidak melalui proses pengolahan apapun. Mengonsumsi makanan utuh selain membuat tubuh menjadi lebih sehat juga dapat melatih tubuh untuk mengolah makanan dalam waktu yang lama sehingga kita merasa kenyang lebih lama.
  3. Hindari junk food dan makanan instan. Makanan jenis ini umumnya telah melalui banyak proses pengawetan dan pengolahan sehingga kandungan gizinya bisa saja sangat berkurang dari awalnya, bahkan bisa saja hilang. Selain kandungan gizinya, makanan-makanan ini juga bisa menyebabkan penumpukan racun di dalam tubuh. Kandungan garam, lemak, dan gula yang tinggi pasti tidak dapat dihindari dalam makanan ini sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit yang bisa saja mengganggu kesehatan anda saat berpuasa.
  4. Perhatikan kesehatan pencernaan dengan mengonsumsi serat yang cukup. Serat yang kurang dikonsumsi sehari-hari dapat menyebabkan susah bab, meningkatnya kadar kolesterol dan gula dalam darah, bahkan menyebabkan susahnya menurunkan berat badan.
  5. Cukup air putih. Air putih bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan melambatnya proses metabolisme tubuh selain itu dapat menyebabkan aliran darah terganggu yang bisa menyebabkan kram pada tubuh.
  6. Melakukan olahraga ringan. Olahraga berfungsi menjaga otot tetap bagus dan dapat melancarkan peredaran darah sehingga tubuh tetap fit dan segar.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan diri anda tampil prima dan segar selam menjalankan puasa.

Author: Anisa Akmal

Andi Khaerunnisa, S.Gz Ahli Gizi dan Nutrisi untuk mendukung program Diet Sehat

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *