Weight Watchers | Diet Sehat

Weight Watchers

Program diet ini sedikit berbeda dengan program diet yang lain, jika program diet yang lain mencantumkan beberapa daftar makanan yang boleh dimakan dan tidak, maka di program diet kali ini didasarkan pada sistem poin, setiap poin makanan memiliki sejumlah poin tertentu berdasarkan kandungan lemak, serat, dan kalorinya. Fokus utamanya adalah perubahan gaya hidup yang komprehensif, yang meliputi kesehatan fisik, mental, dan emosional. Dengan penekanan diet pada buah dan sayur.

Kesehatan fisik adalah kesehatan yang dilihat dari fisik luar tubuh, tidak mudah sakit-sakitan, tidak mudah terkena alergi, dan tampak segar.

Kesehatan mental adalah kesehatan yang dalam hubungan sosial dia baik, selalu percaya diri, dan tidak menunjukka gejala tidak normal, misal suka marah sendiri yang tidak jelas.

Kesehatan emosional adalah mampu mengekspresikan diri pada apa yang dirasakan, ia mampu untuk menunjukkan dirinya, tetapi tetap bisa menahan amarah.

Dengan penekanan diet buah dan sayur, artinya selalu berpatokan pada 4 sehat  sempurna dalam pola hidup makanan sehari-hari, dengan kesadaran bahwa kesehatan itu mahal harganya, maka dengan kesadaran pula dilakukan penekanan diet pada buah dan sayur.

Buah dan sayur kaya akan vitamin dan serat yang berfungsi memperlancar sistem pencernaan tubuh serta membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, sebagai penangkal racun bagi tubuh. saat Anda melakukan aktivitas luar rumah, banyak radikal bebas sehingga toksin atau racun dengan mudah menyerang Anda. Jika Anda rutin mengonsumsi buah dan sayur ini, maka imun yang ada pada tubuh akan bekerja lebih aktif.

Perhitungan kalori juga dapat ditentukan dari berat badan dan tinggi badan, melalui berat dan tinggi badan, maka jumlah asupan kalori dapat dihitung sesuai dengan kebutuhan, contoh dapat dijelaskan sebagai berikut ini.

Seorang perempuan dengan berat badan 45 kg dengan tinggi badan 165 cm, mempunyai IMT 45/1,65 persegi = 16,5. Orang ini mengalami kekurangan berat badan tingkat berat bila IMT yang diinginkan adalah 19,0, maka berat badan idealnya adalah 1,65 persegi x 19,0 = 51,7 kg atau dibulatkan menjadi 52 kg. Perhitungan kebutuhan energinya adalah:

Kebutuhan AMB = 1 kkal X 52 X 24 = 1248 kkal

AMB + aktivitas fisik = 1,56 X 1248 kkal = 1947 kkal

Tambahan untuk menaikkan berat badan = 500 kkal

Total kebutuhan energi = 2447 kkal

Dibulatkan = 2450 kkal

Dari penjelasan diatas dapat digambarkan bahwa diet ini adalah diet yang tidak membatasi asupan makanan, tetapi lebih kepada perhitungan jumlah asupan kalori yang disantap sesuai dengan porsi dan takarannya serta disesuaikan dengan berat dan tinggi badan Anda, yang nantinya akan menjadi patokan berat badan ideal sehingga dapat  dihitung beberapa jumlah kalori yang harus dikonsumsi setiap harinya.

Gaya Hidup Yang Komprehensif

Gaya hidup merupakan kebiasaan harian yang akan berdampak pada jangka panjang, dalam pembahasan kali ini gaya hidup bisa diartikan beberapa hal, yakni:

Gaya hidup dalam hal makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, berarti ini dinilai dari kadar kandungan gizi dan makanan yang tidak sehat. Makanan dengan kandungan gizi yang sehat dan jelas akan mendukung program diet.

Dengan mulai sarapan pagi hingga malam, menu yang dihidangkan selalu bergizi, sehat, serta tidak perlu hal yang mahal dan mewah. Sekarang banyak dijumpai makanan murah, sederhana, dan sehat disekeliling Anda. Dengan gaya hidup 4 sehat 5 sempurna, maka sempurna pula kesehatan jasmani Anda.

Gaya hidup dalam hal olahraga dan aktivitas, kita semua setuju bahwa olahraga akan menyegarkan tubuh secara sempurna, semua sistem kerja organ dalam tubuh dapat bekerja secara lebih sempurna setelah berolahraga, keringat menandakan terjadi proses pembakaran lemak sehingga lemak yang tidak sehat akan terfilter, lalu akan terbakar melalui keringat.

Gaya hidup tanpa rokok, merokok banyak sekali dampak buruk seperti komplikasi penyakit berat, jantung, stroke, dan lain-lain. Bagaimana bisa diet yang Anda rencanakan akan sukses jika gaya hidup Anda masih sembarangan.

Gaya hidup tanpa alkohol, alkohol sangat membunuh saraf dan menghambat kesuksesan program diet. Alkohol dapat melumpuhkan fungsi otak jika dikonsumsi secara sembarangan tanpa rekomendasi dari dokter, dan alkohol hanya bisa dilakukan untuk keperluan kesehatan, itupun dengan takaran yang sudah sangat diperhitungkan.

Kesimpulan gaya hidup komprehensif adalah perbaikan yang kontinyu dari kebiasaan hidup mulai dari makan dan minum yang buruk menjadi baik.

Buah 

Merupakan sumber vitamin terutama karotein, vitamin B1, B6, dan vitamin C, serta mengandung mineral. Satu satuan penukar mengandung 12 gram karbohidrat dan 50 kalori.

Anggur: 20 buah sedang (165 gram)

Apel merah: 1 buah kecil (85 gram)

Apel malang: 1 buah sedang (75 gram)

Arbei: 6 buah sedang (135 gram)

Belimbing: 1 buah segar (140 gram)

Blewah: 1 potong sedang (70 gram)

Cempedak: 7 biji sedang (45 gram)

Durian: 2 biji segar (35 gram)

Jambu biji: 2 buah segar (110 gram)

Jeruk bali: 1 potong (105 gram)

Jeruk garut: 1 buah sedang (115 gram)

Jeruk manis: 2 buah sedang (110 gram)

Jeruk nipis: 1/4 gelas (135 gram)

Kolang kaling: 5 biji sedang (35 gram)

Mangga: 3/4 buah sedang (90 gram)

Markisa: 3/4 buah sedang (35 gram)

Kurma: 3 buah (15 gram)

Kedondong: 2 buah sedang (120 gram)

Leci: 10 buah (75 gram)

Melon: 1 potong besar (75 gram)

Pir: 1/2 buah sedang (85 gram)

Pisang ambon: 1 buah kecil (50 gram)

Pisang kepok: 1 buah kecil (945 gram)

Pisang mas: 2 buah (405 gram)

Rambutan: 8 buah (75 gram)

Salak: 2 buah sedang (65 gram)

Sirsak: 1/2 gelas (60 gram)

Srikaya: 2 buah segar (50 gram)

Stroberi: 4 buah segar (215 gram)

Sawo: 1 buah sedang (55 gram)

Semangka: 2 potong sedang (180 gram)

Sayur

Satu satuan penukar dalam 100 gram mengandung 5 gram karbohidrat, 19 protein, dan 25 kalori.

Jenis sayur

Bit: K+

Kecipir: S+

Kembang kol: S++, K+

Labu waluh: K+

Pare: S++

Daun poh-pohan: S++

Daun pakis: S++

Sawi: S+

Pepaya muda: S+

Wortel: S+

Jantung pisang: S+

Kacang buncis: S++, K+

Kacang panjang: S+

Kapri muda: K+

Penekanan Diet

Metode ini sudah teruji lebih dari 40 tahun dalam keberhasilan menurunkan berat badan. Dan, yang terpenting menanamkan kebiasaan makan makanan sehat, Anda pun tidak perlu pusing dalam menentukan makanan apa yang perlu dihindari dan tidaknya, karena pada metode diet kali ini semua jenis makanan boleh Anda cicipi.

Diet ini tidak membatasi asupan makanan Anda, tetapi dengan cara menghitung setiap jumlah kalori yang masuk ke perut Anda. Diet ini sangat bermanfaat karena akan terjadi keteraturan dalam apa yang akan masuk pada perut kita, jadi kita tidak akan ceroboh dan lebih memperhitungkannya.

Author: admin one

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *